Gubernur minta pemerintah pusat tuntaskan ganti rugi lahan tol Jambi-Betung

id proyek strategis nasional,trans sumatera,jambi

Gubernur minta pemerintah pusat tuntaskan ganti rugi lahan tol Jambi-Betung

Tol Trans Sumatera. Konstruksi pembangunan ruas tol Betung-Jambi di mulai di tahun 2022 ini. (ANTARA/HO)

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris meminta pemerintah pusat mempercepat pembangunan ruas jalan tol Trans Sumatera yang melintasi wilayah Provinsi Jambi.

Al Haris dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Selasa, meminta pemerintah pusat segera menyelesaikan ganti rugi ruas jalan tol Jambi-Betung sepanjang 33,96 kilometer yang melintasi dua kecamatan, lima desa dan satu kelurahan di Kabupaten Muaro Jambi.

Kemudian ruas jalan tol Jambi-Rengat I sepanjang 51,75 kilometer yang melintas di Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari, yakni melintasi tiga kecamatan, tujuh desa dan dan satu kelurahan. Kemudian ruas jalan tol Jambi-Rengat II sepanjang 64,75 kilometer yang melintasi dua kecamatan, 12 desa dan satu kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Selain itu, Al Haris turut meminta pemerintah pusat melakukan percepatan pembangunan terhadap proyek-proyek strategis lainnya di wilayah Provinsi Jambi, seperti penetapan kawasan strategis nasional Candi Muaro Jambi dan penetapan kawasan strategis pariwisata nasional Kerinci Seblat.

Selanjutnya penetapan Georpark Merangin menjadi World Heritage, penetapan kawasan industri kemingking sebagai program strategis nasional, penetapan kawasan ekonomi ujung jabung sebagai program strategis nasional, serta penetapan pembangunan bendungan Merangin sebagai program strategis nasional.

Al Haris menjelaskan Provinsi Jambi merupakan provinsi yang paling strategis, karena terletak di tengah pulau Sumatera, sehingga untuk prioritas pembangunan sangat membutuhkan infrastruktur guna menyambung perekonomian masyarakat.

Hal tersebut, lanjutnya, terutama infrastruktur ruas jalan tol Betung-Jambi sampai pelabuhan, sehingga Provinsi Jambi perlu melakukan sinergi pembangunan nasional dan prioritas pembangunan strategis Provinsi Jambi.

Ia mengemukakan bahwa tujuan sinergi pembangunan nasional dan prioritas pembangunan strategis Provinsi Jambi karena Provinsi Jambi memiliki potensi kekayaan energi yang cukup besar, salah satunya potensi sumber energi fosil seperti minyak bumi, gas bumi dan batu bara.

"Potensi energi baru terbarukan yang cukup besar bisa menjadi sumber energi di Provinsi Jambi," kata Al Haris dalam keterangan tertulisnya.

Dalam Rencana tata Ruang Wilayah (RTRW) Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan kawasan Ujung Jabung sebagai kawasan ekonomi strategis Provinsi Jambi yang nantinya menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi lokal, regional, nasional dan internasional dengan didukung oleh pelabuhan Ujung Jabung.