41 Wali Kota konfirmasi hadir pada HUT Apeksi di Bandarlampung

id Lampung,Bandarlampung,Apekssi,HUT Apeksi

41 Wali Kota konfirmasi hadir pada HUT Apeksi di Bandarlampung

Penjabat (PJ) Sekretaris Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya saat dimintai keterangan. Selasa, (24/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (PJ) Sekretaris Kota Bandarlampung, Sukarma Wijaya mengatakan hingga Senin (23/5) sudah 41 wali kota yang mengonfirmasi hadir pada HUT ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang akan berlangsung pada 27-29 Mei. 

"Dari 98 wali kota yang sudah terkonfirmasi hadir 41 wali kota, langsung tanpa diwakili, ini per tanggal (23/5)," kata Sukarma, di Bandarlampung, Selasa.

Namun begitu, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan wali kota yang akan hadir pada Apeksi tersebut akan bertambah lagi, karena pembukaan kegiatannya baru akan dimulai pada 27 Mei mendatang.

Sementara itu, ia pun mengatakan bahwa untuk pejabat negara yang sudah dipastikan datang yakni Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

"Untuk Pejabat Negara yang akan hadir langsung yakni pak Tjahjo Kumolo, Rencananya pak Menteri akan  melakukan peletakan baru pertama pembangunan gedung pelayanan terpadu, membuka ekspo di Graha Wangsa," kata dia.

Namun begitu, lanjut dia, pihaknya pun masih menantikan sejumlah Pejabat Negara lainnya seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UMK) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf).

"Kita nantikan juga kehadiran Mendagri Pak Tito Karnavian selaku pembina Apeksi, Pak Teten juga dan Pak Sandiaga Uno karena Wali Kota sudah ekspos pariwisata. Jadi mudah-mudahan mereka bisa hadir pada HUT ke-22 Apeksi ini," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa Pemkot Bandarlampung juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam pengamanan pada gelaran Apeksi tersebut, termasuk dalam penyiapan kendaraan.

"Penyiapan kendaraan kita sudah berkoordinasi dengan Polresta Bandarlampung, karena pak Kapolresta mengharapkan kendaraan yang dipakai delegasi aman dan layak, termasuk sopirnya sehat, jangan sampai ada pakai narkoba. Bahkan dari satuan narkoba sudah berkoordinasi, jadi besok ada kesiapan apel kendaraan termasuk sopir dan cek urine," kata dia.