Bandarlampung antisipasi sebaran COVID-19 dengan perluas tracing dan testing

id Lampung,COVID,Dinke

Bandarlampung antisipasi sebaran COVID-19 dengan perluas tracing dan testing

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, saat dimintai keterangan. Senin, (7/2/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bandarlampung memperluas penelusuran (tracing) dan testing di masyarakat guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 dj kota setempat yang mulai meningkat dalam beberapa hari terakhir.

"Kita lakukan dengan berkeliling untuk melakukan penelusuran testing secara acak, tidak lain ini untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19," kata Wali Kota Bandarlmapung, Eva Dwiana, di Bandarlampung, Senin.

Ia pun mengimbau masyarakat setempat agar tidak meremehkan COVID-19 terlebih varian Omicron telah masuk ke kota ini, sehingga prokes terutama pemakaian masker harus diterapkan saat beraktivitas.

"Kemarin saya keliling dan ada 7 orang yang terpapar di salah satu mal, di kota ini. Kami harap prokes diterapkan dengan ketat, jangan sampai seperti yang kemarin, saya tanya kenapa tidak pakai masker, pengap kata warga, tidak begitu karena hal itu untuk.menjaga kita agar tetap sehat," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa ke depan pemerintah setempat juga akan melakukan tes cepat antigen ke semua organisasi perangkat daerah (OPD), bahkan saat ini pengecekan telah dilakukan di lingkungan kantor Pemkot Bandarlampung.

"Alhamdulillah semua pegawai OPD yang ada di lingkungan pemkot negatif semua, besok akan kita lakukan di kecamatan-kecamatan," ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa sambil melakukan tracing dan testing pihaknya pun tetap melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

"Vaksinasi juga kita lakukan dengan keliling, yang belum vaksin akan kita vaksinasi. Kami juga akan memfasilitasi masyarakat dari luar daerah yang ingin vaksinasi namun secara bertahap menyesuaikan stok vaksin yang ada," kata dia.