SMP Islam Al Syukro giat tanam 1.000 pohon, jaga paru-paru Kota Tangerang

id SMP Islam Al Syukro giat menanam 1.000 pohon, Jaga Paru-paru Kota Tangerang

SMP Islam Al Syukro giat tanam 1.000 pohon, jaga paru-paru Kota Tangerang

SMP Islam Al Syukro giat menanam 1.000 pohon, Jaga Paru-paru Kota Tangerang. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Berbagai macam pohon baik pohon buah, holtikultura hingga pohon hias lainnya. Terima kasih para donatur maupun pihak-pihak yang telah bekerja sama dan berkolaboraksi bersama kami pada kegiatan ini, tambah Cici Kurniasih

Tanggerang (ANTARA) - Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, pada Jumat (26/11), belasan siswa-siswi, orang tua hingga para guru dari Perguruan Islam AL Syukro Universal melakukan penanaman berbagai macam pohon di lingkungan sekolah tersebut.

Sebanyak 1.000 pohon siap ditanam sebagai upaya mengusung Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Banten dengan mengusung green school serta seiring Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLS).


Cici Kurniasih selaku Direktur Perguruan Islam Al Syukro Dompet Dhuafa mengatakan deklarasi diri dan mengkampayekan menanam 1.000 pohon, dimulai hari Jumat sampai beberapa bulan kemudian untuk mengumpulkan donasi maupun wakaf pohon. 

Hingga hari ini sudah 500 pohon yang ditempatkan di beberapa titik di lingkungan Al Syukro. 

"Perguruan Islam Al Syukro ini adalah sekolah wakaf produktif, yang terus kita jaga komitmen dalam menjaga lingkungan, karena memang sekolah ini berbasis lingkungan dan dalam rangka juga sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, ini merupakan bagian dari komitmen bersama mulai dari orang tua siswa, siswa-siswi, guru hingga manajamen sekolah dalam upaya menjaga lingkungan dengan menanam pohon di area Al Syukro," katanya.

Diharapkan dengan adanya komitmen ini, area Al Syukro seluas 2,75 Hektare ini menjadi paru-paru di wilayah Tangerang Selatan. 

Sebanyak 800 siswa wajib membawa pohon, bahkan guru-guru hingga orang tua diharuskan membawa pohon. 

"Berbagai macam pohon baik pohon buah, holtikultura hingga pohon hias lainnya. Terima kasih para donatur maupun pihak-pihak yang telah bekerjasama dan berkolaboraksi bersama kami pada kegiatan ini," tambah Cici Kurniasih.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman 1.000 pohon di wilayah Al Syukro, dapat menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lain dalam sekolah berwawasan lingkungan. 

"Apresiasi terhadap kegiatan Al Syukro, sangat baik dan bagus kalau bisa sekolah ini menjadi ikon sekolah yang berkonsep lingkungan serta dengan hadirnya Sekolah Adiwiyata ini bisa menjadi paru-paru di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten,” ujar Drs Gatot  Suhartono perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Tangerang.

Pada  kegiatan ini juga dilakukan sejumlah siswa-siswi untuk menanam berbagai jenis pohon di lingkungan Al Syukro. Selain itu di lingkungan Al Syukro Universal terdapat hidroponik, edupark hingga kebun sayur. 

“Saya senang sekali dengan kegiatan hari ini, mulai menyiapkan pohon dan menanam pohon di lingkungan sendiri,”ujar Raska Xavier salah satu siswa kelas 7 SMP Islam Al Syukro.


TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
 
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022