Pemkab Bangka sediakan anggaran Rp1,5 miliar untuk pilkades serentak

id Bangka

Pemkab Bangka sediakan anggaran Rp1,5 miliar untuk pilkades serentak

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza (babel.antaranews.com)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan anggaran pemilihan kepala desa (pilkades) serentak sebesar Rp1,5 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Tony Marza di Sungailiat, Minggu, menjelaskan bahwa dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

"Dana itu untuk biaya cetak surat suara, honor panitia, logistik, serta kebutuhan pilkades lainnya," kata Tony Marza.

Pilkades serentak di Kabupaten Bangka tahun 2021 pada tanggal 13 Oktober 2021 di 44 desa dari 60 desa dengan total peserta 182 orang.

Untuk memaksimalkan kebutuhan anggaran pelaksanaan pilkades, menurut dia, desa yang akan mengadakan pilkades akan mendukung anggaran tersebut dengan menggunakan dana desa.

"Saya optimistis pemilihan kepala desa dengan jadwal yang sudah ditetapkan itu dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan harapan bersama," ujarnya.

Guna menjamin kelancaran pilkades, pihaknya melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), tenaga pendamping desa untuk membantu pemantauan, serta pengamanan dari TNI, Polri, dan satpol PP.

Uploader : Angga Pramana