Bupati kukuhkan kepengurusan IPSI Lampung Selatan

id lampung, lampung selatan, lamsel,pencak silat lampung

Bupati kukuhkan kepengurusan IPSI Lampung Selatan

Bupati Lampung Selatan kukuhkan IPSI Lampung Selatan. Antaralampung/HO-Dok Pemkab Lampung Selatan

Pencak silat sarat akan prestasi, nilai dan budaya. Maka sebab itu kita harus terus menjaga kelestarian budaya ini

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengukuhkan dan melantik personalia kepengurusan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Lampung Selatan Periode 2021-2025, di Padepokan IPSI Lampung Selatan, Kamis (16/9).

Sebelumnya, pada pemilihan ketua IPSI Lampung Selatan, Wahrul Fauzi Silalahi yang juga anggota DPRD Lampung, terpilih secara aklamasi (penunjukan secara langsung) oleh 13 Perguruan Silat di Lampung Selatan sebagai Ketua IPSI Lampung Selatan Periode 2021-2025.

Pengukuhan dan pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Pengprov IPSI Lampung Nomor 08/IPSI/8/2021 tentang pengukuhan personalia pengurus IPSI Kabupaten Lampung Selatan periode 2021-2025, tertanggal 26 Agustus 2021 yang ditandatangani Ketua IPSI Lampung Faisol Djausal.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan IPSI Lampung Selatan dan berharap IPSI Lampung Selatan dapat mengemban amanah serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam memajukan olahraga pencak silat di Lampung Selatan.

“Sebagai pengurus IPSI, saudara harus dapat mendorong organisasi, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran dari organisasi IPSI Lampung Selatan dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. IPSI harus menjadi wadah untuk membangun kesatuan dan persatuan yang dapat menyatukan seluruh perguruan perguruan silat di Kabupaten Lampung Selatan,” katanya pula.

Nanang juga berpesan agar pengurus IPSI dapat segera menyusun program kerja yang akan dijalankan selama lima tahun ke depan.

“Saya berpesan kepada pengurus IPSI yang baru dilantik dan dikukuhkan agar segera membuat planning organisasi/program kerja. Laksanakan program kerja yang telah dibuat secara komprehensif, sehingga menciptakan atlet pencak silat terbaik yang dapat mengharumkan Kabupaten Lampung Selatan di setiap ajang perlombaan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IPSI Lampung Selatan Wahrul Fauzi Silalahi mengatakan IPSI harus tegak lurus dengan sikap kesetiaan mengawal jalannya pemerintahan kabupaten setempat.

“Pencak silat sarat akan prestasi, nilai dan budaya. Maka sebab itu kita harus terus menjaga kelestarian budaya ini, supaya warisan budaya ini dapat diturunkan ke anak cucu kita nanti,” ujarnya.

“Kekuatan IPSI adalah ketuhanan. Secara amal soleh menjaga budi pekerti luhur di dalam masyarakat,” katanya lagi.

IPSI merupakan wadah organisasi seni bela diri pencak silat yang banyak diminati oleh masyarakat, baik usia dini maupun dewasa.

Pencak silat merupakan olahraga seni bela diri yang berasal dari Indonesia, yang saat ini sudah tersebar di 83 negara di dunia. Pencak silat telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Indonesia.

Selanjutnya Bupati Nanang Ermanto meresmikan padepokan pendekar rakyat IPSI Lampung Selatan secara simbolis dengan memecahkan kendi dan melakukan pemotongan nasi tumpeng.
Baca juga: Ribuan pesilat dari berbagai Provinsi di Indonesia perebutkan Piala Kemenpora di Lampung
Baca juga: Bandrong Banten serahkan bantuan korban puting beliung

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021