Gubernur Sumbar tinjau pelaksanaan vaksinasi ketiga untuk nakes di RSUD M Natsir

id Gubernur Sumbar,Vaksinasi,RSUD M Natsir

Gubernur Sumbar tinjau pelaksanaan vaksinasi ketiga untuk nakes di RSUD M Natsir

Gubernur Sumbar tinjau vaksinasi ketiga untuk nakes di RSUD M Natsir

Sumatera Barat (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di RSUD M Natsir, Solok dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh mereka agar tetap kuat dalam memberikan pelayanan pada pasien di tengah pandemi COVID-19.

Gubernur Mahyeldi di Solok, Selasa mengatakan tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanganan COVID-19 bagi masyarakat untuk itu keselamatan mereka sangat penting.

Menurut dia jika tenaga kesehatan banyak yang terpapar COVID-19 maka otomatis pelayanan kepada masyarakat akan terganggu.

"Bahkan tanpa peranan dari tenaga kesehatan mustahil pandemi COVID-19 ini bisa dilalui karena itu pemerintah mengambil kebijakan untuk memberikan vaksinasi dosis ketiga khusus untuk tenaga kesehatan," ucap dia.

Ia mengatakan setelah berbagai upaya yang dilakukan setiap hari diharapkan dukungan vaksin dari Kementerian Kesehatan juga berjalan lancar sehingga proses yang berjalan terus dimaksimalkan.

"Kita sudah diperintahkan oleh Presiden untuk segera menghabiskan vaksin yang dikirim ke daerah. Jika kurang, bisa ditambah lagi. Dukungan ini diharapkan bisa mempercepat tercapainya kekebalan komunal di Sumbar," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan, dan mencuci tangan.

Wakil Direktur (Wadir) Keuangan, RSUD M Natsir Tizal Malik menyebutkan pelaksanaan vaksinasi jenis sinovac tahap ketiga untuk tenaga kesehatan pada hari pertama ini sekitar 30 sampai 50 orang.

"Semua nakes akan mendapat vaksin tahap tiga, tetapi secara bertahap," ujar dia.

Ia mengatakan seluruh tenaga kesehatan di RSUD M Natsir Solok sudah menjalani vaksinasi tahap satu dan tahap dua. "Saat ini sudah masuk vaksinasi tahap ketiga," ujar dia.

Ia berharap dengan kehadiran Pemrov Sumbar agar segera membayarkan tunjungan nakes yang belum dibayarkan beberapa bulan sebelumnya sehingga nakes bisa lebih baik lagi. Kemudian ia berharap terkait penyediaan oksigen di Sumbar agar tidak mengalami kelangkaan lagi.

Pada saat yang sama Gubernur Sumbar juga membuka secara resmi Bakti Sosial Vaksinasi untuk siswa oleh IASMA 1 Bukittinggi secara Virtual dari Solok.

Gubernur Sumbar mengapresiasi vaksinasi bagi siswa yang diinisiasi oleh kelompok masyarakat, organisasi hingga alumni karena akan mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi di Sumbar.

Uploader : Angga Pramana