Basarnas Padang perpanjang operasi pencarian korban bencana di Pesisir Selatan

id Basarnas,Padang,Sumbar,Bencana,Pessel

Basarnas Padang perpanjang operasi pencarian korban bencana di Pesisir Selatan

Personel Basarnas Padang melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana alam di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar pada Rabu (13/3). ANTARA/HO-BasarnasPadang

Padang (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) atau yang biasa dikenal Basarnas memperpanjang waktu operasi pencarian korban bencana alam di Pesisir Selatan hingga Sabtu (16/3).

"Operasi pencarian serta penyelamatan di Kabupaten Pesisir Selatan diperpanjang karena masih ada korban yang belum ditemukan," kata Kepala Kantor SAR Padang Abdul Malik di Padang, Rabu.

Ia mengatakan operasi pencarian korban itu diperpanjang setelah adanya permintaan dari Bupati kabupaten setempat kepada Basarnas.

Selain itu karena pihak Pemerintah Daerah Pessel sudah menetapkan status tanggap darurat hingga 21 Maret 2024, sehingga pencarian para korban masih terus dilakukan.

Menurut Abdul Malik operasi pencarian dan pertolongan telah dilakukan pihaknya bersama dengan tim SAR gabungan di daerah Pesisir Selatan sejak 7 Maret 2024.

Setiap harinya tim melakukan penyisiran di lokasi dengan fokus tiga titik yakni di Kecamatan Koto XI Tarusan atas kejadian mobil yang terseret arus saat banjir terjadi.

Kedua di Kecamatan Sutera atas bencana tanah longsor, dan di Kecamatan Bayang atas kejadian warga yang terseret arus banjir.

Ia menyebutkan sepanjang pencarian sejak 7 Maret hingga Rabu (17/3) total korban yang ditemukan untuk daerah Pessel adalah sebanyak 24 orang.

"Puluhan korban ditemukan di tiga titik lokasi bencana alam di Kabupaten Pessel dalam keadaan meninggal dunia," jelasnya.

Kemudian, katanya, saat ini masih tersisa lima korban lagi yang masih dicari oleh petugas dengan rincian tiga di Langgai, satu orang di Tarusan, dan satu lainnya di Sungai Batang Bayang.

Abdul mengatakan dalam waktu operasi yang tersisa hingga Sabtu (16/3) mendatang, tim akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari para korban.

Operasi pencarian melibatkan tim dari Kantor SAR Padang, Bengkulu, Jambi, dan Medan. Kemudian TNI, Polri, BPBD, Tagana, pemadam kebakaran, PMI, Pramuka, KSB, dan insan kebencanaan lainnya. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas Padang perpanjang operasi pencarian korban bencana di Pessel