OJK dan Babinkamtibmas cegah investasi ilegal di perdesaan

id Investasi ilegal, ekonomi Lampung, OJK lampung

OJK dan Babinkamtibmas cegah investasi ilegal di perdesaan

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung, Bambang Hermanto. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjalin kerja sama dengan Babinkamtibmas se-Provinsi Lampung untuk mencegah investasi ilegal merebak di daerah perdesaan. 

"Kali ini sosialisasi waspada investasi ilegal kita targetkan kepada masyarakat yaitu melalui peran serta Babinkamtibmas, sebab mereka garda terdepan kepolisian di desa," ujar Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung, Bambang Hermanto, di Bandarlampung, Selasa. 

Ia mengatakan, adanya peran serta Babinkamtibmas dalam mengindentifikasi adanya investasi ilegal di pelosok daerah dapat melindungi masyarakat desa dari investigasi ilegal.
 
"Petugas Babinkamtibmas juga dapat membantu masyarakat desa untuk memberikan edukasi mengenai literasi keuangan bersama kami," katanya. 

Ia mengatakan, selama pandemi COVID-19 berlangsung, marak beredar di masyarakat mengenai investasi ilegal, terutama pinjaman online berbasis internet. 

"Saat ini marak investasi ilegal melalui internet di pusat ataupun daerah. Ada sekitar 2800 lebih pinjaman online ilegal berbasis internet yang telah kita identifikasi beberapa tahun ini, sehingga kita lakukan antisipasi agar masyarakat di desa tidak dirugikan akibat adanya investasi ilegal tersebut," katanya.

Menurutnya, untuk membantu masyarakat terhindar dari kerugian atas keikutsertaan dalam investasi ilegal berbasis internet maka edukasi literasi keuangan dan sosialisasi terus dilakukan bekerja sama dengan aparat kepolisian di desa ataupun polisi cyber dalam melakukan patroli cyber. 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar