Pemprov Lampung akan fasilitasi pembangunan SMK Negeri Pelayaran

id SMK pelayaran, pemprov lampung

Pemprov Lampung akan fasilitasi pembangunan SMK Negeri Pelayaran

Sekertaris Daerah Lampung dalam tinjauan lapangan rencana pembangunan SMKN Pelayaran Lampung, Bandarlampung, Selasa 16/6/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung akan memfasilitasi pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pelayaran, guna membangun SDM handal di sektor maritim.

"Kami memiliki lahan yang pemanfaatannya kurang optimal, sehingga kami berinisiatif untuk membangun sekolah menengah kejuruan di bidang pelayaran di Kecamatan Panjang Bandarlampung," ujar Sekertaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan, Kecamatan Panjang dipilih sebagai lokasi pembangunan SMK Pelayaran karena daerah tersebut memiliki jarak yang strategis untuk siswa melaksanakan praktik di kemudian hari.

"Kecamatan Panjang sangat dekat dengan laut, pelabuhan, hingga perusahaan, jadi sangat cocok untuk siswa melaksanakan praktik, terlebih lagi kita selama ini memiliki banyak SMK, namun tidak ada yang fokus ke pelayaran sedangkan Lampung memiliki garis pantai yang cukup panjang," ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan SMK Pelayaran akan dimulai dengan perencanaan desain fisik, penentuan fokus jurusan, serta sistem pembelajaran.

"SMK ini juga diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat setempat, sebab setiap tahunnya di Kecamatan Panjang menurut data ada 1000 anak lulus SMP, selain itu melalui SMK Pelayaran akan tumbuh sumber daya manusia yang handal di sektor maritim" katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Anggota Komisi V DPRD Lampung, Yusirwan.

"Pemerintah Daerah memiliki aset yang pemanfaatannya tidak optimal, dan warga Kecamatan Panjang membutuhkan sekolah karena memang belum ada SMK/SMA di sini, sehingga ada SMK Pelayaran diharapkan dapat membantu masyarakat," katanya.