Dinkes Lampung imbau masyarakat tetap lakukan imunisasi pada anak

id Corona, imunisasi

Dinkes Lampung imbau masyarakat tetap lakukan imunisasi pada anak

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi bagi anak, guna menjaga imunitas tubuh anak.

"Imunisasi harus tetap dilakukan meski ada pandemi COVID-19, sebab untuk menjaga imunitas tubuh anak," ujar Reihana di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, imunisasi merupakan salah satu bentuk langkah preventif untuk menjaga daya tahan tubuh anak sehingga harus tetap dilaksanakan.

"Jangan takut untuk membawa anak imunisasi, sebab Posyandu pun sudah menerapkan protokol kesehatan, yang terutama adalah jangan sampai berkerumun, tetap menggunakan masker dan rajin mencuci tangan saat berada di luar rumah," katanya.

Ia mengatakan di masa pandemi COVID-19, selain fokus menangani permasalahan COVID-19, Dinas Kesehatan juga tetap fokus pada penanganan masalah kesehatan lainnya seperti stunting, gizi buruk serta demam berdarah.

"Dampak COVID-19 terhadap perekonomian sudah terasa, gizi buruk dan stunting ada kaitannya dengan perekonomian pula, sehingga kita tidak bisa melupakan permasalahan kesehatan lainnya, dan terus membantu masyarakat agar tetap sehat, jangan sampai setelah pandemi timbul masalah baru," katanya.

Menurutnya, butuh perhatian dan kerjasama masyarakat dalam membentuk pola hidup yang sehat selama pandemi, salah satunya dengan tetap melaksanakan posyandu, melakukan pemberantasan sarang nyamuk, dan menjaga gizi anak secara seimbang.

"Selama pandemi COVID-19 kita melakukan aktivitas di rumah, dan selama di rumah kita bisa melaksanakan beragam upaya untuk menjaga kesehatan kita, salah satunya melakukan pemberantasan sarang nyamuk di rumah agar tidak terkena DBD, dan menjaga pola hidup sehat dan gizi seimbang agar terhindar dari COVID-19 serta beragam penyakit lainnya," ucapnya.