Pelatih Leganes sebut La Liga akan kembali dilanjutkan 20 Juni 2020

id La Liga,Liga Spanyol,UEFA

Pelatih Leganes sebut La Liga akan kembali dilanjutkan 20 Juni 2020

Javier Aguirre. (Reuters) (Reuters/)

Kami sudah punya tanggal untuk memulai liga-- pada 20 Juni, kami akan memulai kembali La Liga dan setelah lima pekan berjalan, liga akan resmi berakhir pada 26 Juli
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Leganes Javier Aguirre mengatakan La Liga akan kembali melanjutkan kompetisi musim ini pada 20 Juni dan berakhir 26 Juli, meski bos-bos liga menolak memberi konfirmasi terkait pernyataan Aguirre itu.

Sebagaimana dilaporkan Marca Cralo, Kamis, Aguiree mengatakan bahwa dia sudah diberitahu secara resmi terkait rencana kelanjutan La Liga yang sudah tertangguhkan sejak pertengahan Maret akibat pandemi virus corona.

"Kami sudah punya tanggal untuk memulai liga-- pada 20 Juni, kami akan memulai kembali La Liga dan setelah lima pekan berjalan, liga akan resmi berakhir pada 26 Juli," kata Aguirre sebagaimana dikutip AFP di Jakarta, Jumat.

"Pertandingan akan dimainkan Sabtu-Minggu dan Rabu-Kamis, 11 pekan pertandingan," katanya menambahkan.
Baca juga: Pesepak bola Spanyol Rafael Gamiz tolak tes COVID-19, pilih kesehatan ketimbang uang


Setelah mendapatkan kabar tersebut, Aguirre menyatakan pihaknya sudah merencanakan untuk menggelar latihan pada Jumat setelah para pemain Leganes selesai melakukan tes COVID-19.

Pihak La Liga masih belum memberikan komentar terhadap pernyataan yang dilontarkan Aguirre. Mereka hanya menyatakan bahwa saat ini seluruh klub masih fokus menempuh serangkaian tes medis.

Klub-klub La Liga sebelumnya sudah diizinkan untuk kembali berlatih pekan ini setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan Spanyol. Namun para pemain baru dibolehkan kembali berlatih apabila sudah selesai menempuh tes medis yang disediakan masing-masing klub.

Para pemain juga belum dibebaskan untuk berlatih secara berkelompok. Latihan hanya boleh dilakukan dengan jumlah maksimal enam orang.

Sebetulnya, La Liga Spanyol tengah mempertimbangkan untuk melanjutkan liga yang dimainkan secara tertutup atau tanpa penonton.

Presiden La Liga Javier Tebas mengatakan bahwa membatalkan kompetisi musim ini bukanlah suatu pilihan mengingat apabila itu terjadi diperkirakan bakal merugikan klub hingga satu miliar euro.

Sebelum ditangguhkan pada pertengahan Maret, La Liga masih menyisakan 11 pertandingan. Barcelona memimpin di puncak klasemen dengan raihan 58 poin atau dua poin di atas Real Madrid.

Berbeda hal dengan Spanyol, Prancis dan Belanda sudah memutuskan untuk mengakhiri kompetisi sepak bola musim ini. Sementara Bundesliga Jerman mulai mendapatkan lampu hijau untuk kembali menggulirkan liga tanpa penonton pada 16 Mei

Badan Sepak Bola Eropa UEFA telah memberikan tenggat waktu kepada pengelola liga hingga 25 Mei mendatang untuk menetapkan rencana mereka menyelesaikan kompetisi musim ini.
Baca juga: La Liga di Spanyol mulai latihan lagi pekan ini, jelang lanjut musim Juni 2020