Antisipasi bencana alam Lampung disiagakan 608 Tagana

id taruna siaga bencana, tagana lampung, 608 personel tagana, bencana alam banjir

Antisipasi bencana alam Lampung disiagakan 608 Tagana

Anggota Tagana Lampung siaga hadapi bencana alam ANTARA/HO-Dinsos Lampung

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatstakan, sebanyak 608 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Lampung disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di daerah setempat.

"Selain itu, kami juga menyiapkan peralatan serta kendaraan rescue untuk mengantisipasi potensi bencana, bufferstock juga telah disiapkan dan posko kesiapsiagaan Tagana yang telah didirikan di Way Halim, Bandarlampung," katanya di Bandarlampung, Sabtu.

Ia menyebutkan, beberapa daerah di Provinsi Lampung berpotensi mengalami bencana, seperti banjir di Bandarlampung pada beberapa waktu lalu terjadi di 25 titik.

Baca juga: Tiga korban perahu terbalik di Way Kanan dievakuasi

Selain itu, di Kota Metro yang biasanya tidak pernah terjadi banjir juga mengalami bencana tersebut akibat tingginya intensitas curah hujan yang diprediksi BMKG akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Pihaknya juga telah menggandeng sahabat tagana seperti Pramuka, komunitas ojol, mahasiswa pecinta alam (Matala) serta klub-klub motor di Bandarlampung.

"Akhir-akhir ini kita disibukkan dengan berita bencana banjir di Jakarta dan Banten, untuk itu di Provinsi Lampung kita sejak minggu lalu telah mensiagakan ratusan personel maupun peralatan antara lain kendaraan dapur umum lapangan dan juga kendaraan untuk rescue maupun buffer stock," ujar Sumarju.

Ia menjelaskan, Tagana Lampung juga telah mengirimkan anggotanya untuk membantu korban banjir di Lebak, Banten.

"Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim berkunjung ke daerah itu (Lebak, red) untuk memberikan bantuan," tambahnya

Baca juga: Lampung serahkan bantuan korban banjir Banten