Rutan Bandarlampung libatkan TNI-Polri perkuat pengamanan pada kunjungan Idul Fitri

id Rutan bandarlampung, apel siaga halinar

Rutan Bandarlampung libatkan TNI-Polri perkuat pengamanan pada kunjungan Idul Fitri

Razia apel siaga Halinar Rutan Bandarlampung. (ANTARA/DAMIRI)

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Bandarlampung, menggandeng TNI-Polri dalam memperkuat pengamanan saat kunjungan keluarga warga binaan jelang Idhul Fitri 2024.

"Ada empat hari yang kami prioritaskan saat besukan kunjungan warga binaan. Dengan adanya tim gabungan ini mudah-mudahan bisa mengantisipasi masuknya barang ke dalam rutan," kata Karutan Bandarlampung, Iwan Setiawan saat melaksanakan apel siaga Halinar di Bandarlampung, Jumat.

Dia melanjutkan pelaksanaan apel siaga Halinar (handphone, pungli, dan narkoba) tersebut selain mengantisipasi jelang Idhul Fitri juga dalam rangka menyambut Hari Bahkti Pemasyarakatan.

Guna mengantisipasi peredaran barang terlarang, pihaknya juga melakukan razia di setiap blok yang diindikasikan masuknya barang-barang terlarang.

"Saya dengar juga ada barang yang akan masuk, namun sempat kami gagalkan seperti ponsel dan sebagainya. Karena itu, kamar tersebut kita lakukan razia," kata dia.

Iwan berharap kepada pegawai untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan keinginan sehingga Rutan dapat aman dan tertib. "Buat teman-teman pengamanan selain hari raya, tetap siap siaga baik di pos masing-masing maupun di tempat-tempat yang telah ditentukan komandan jaga," katanya.

Kadiv PAS Kememkumham Lampung, Kusnali menambahkan, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh jajaran Lapas dan Rutan khususnya pengamanan agar terap siaga dalam pengamanan jelang Idul Fitri mengantisipasi adanya barang terlarang yang akan masuk.

"Tetap siaga, selalu koordinasi dengan rekan penegak hukum lainnya. Kami berkomitmen bahwa tidak ada barang terlarang yang masuk," katanya.