Dokkes Polda Lampung dirikan posko kesehatan di Bakauheni untuk layani pemudik Natal dan Tahun Baru

id Dokkes Polda Lampung dirikan posko kesehatan di Bakauheni untuk layani pemudik Natal dan Tahun Baru

Dokkes Polda Lampung dirikan posko kesehatan di Bakauheni untuk layani pemudik Natal dan Tahun Baru

Kepala Bidang Dokter Kesehatan Polda Lampung Kombes Pol dr Andri Bandarsyah (kanan) saat meninjau posko kesehatan Bidang Dokter Kesehatan Polda Lampung di Bakauheni (Antaranews Lampung/Ardiansyah)

Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung membuka Posko Kesehatan di Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat


Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Lampung Kombes Pol dr Andri Bandarsyah
Petugas Bidang Dokter Kesehatan Polda Lampung memebrikan pelayan kepada pemudik yang membutuhkan pelayan medis di posko kesahatan Biddokes Polda Lampung (Antaranews Lampung/Ardiansyah)
di Bakauheni, Senin, mengharapkan dengan adanya posko kesehatan dari Bid Dokkes Polda Lampung para pemudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung bisa dilayani dengan baik terutama dalam hal kesehatan,


“Kami mengadakan pelayanan kesehatan pada arus mudik pada Natal 2019 dan Tahun baru 2020. Jadi selain menjamin keamanan dari penumpang dan arus mudik, kami memberikan pelayanan, baik penumpang arus mudik maupun personel selama bertugas di Pelabuhan Bakauheni ini," kata Andri Bandarsyah



Andri menjelaskan, kemungkinan para pemudik yang datang dari Jawa menuju Sumatera ataupun sebaliknya lelah dalam perjalanan dan kondisi kesehatan yang menurun kiranya bisa singgah di pos pelayanan kesehatan. 

"Untuk para penumpang yang merasa kurang sehat bisa langsung menuju posko kesehatan yang kita dirikan di Pelabuhan Bakauheni, tepatnya di pintu kedatangan dan keberangkatan (loket pembelian tiket, red) dermaga Pelabuhan Bakauheni lampung," katanya. 

Ia menjelaskan, terkait ada pasien yang tidak bisa ditangani di posko kesehatan Polda Lampung, pihaknya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit yang terdekat untuk menjadi rujukan.

"Untuk sementara, kita akan coba tangani di posko Biddokkes Polda Lampung, karena kita sudah memiliki bus poliklinik, kita sudah bisa melaksanakan operasi ringan jika pasien dalam keadaan gawat darurat ringan," jelasnya.

Andri mengatakan, posko kesehatan, nantinya akan dibagi menjadi tiga regu tenaga kesehatan yang dibantu oleh satu orang dokter.

"Satu shift akan dilayani satu dokter dan 3 paramedis, jumlah ambulans yang disediakan ada dua, semua dari Dokkes Polda Lampung," pungkasnya.