Widianto, penjaga sampah pantai dari Lampung Timur

id Widianto, pantai timur lampung timur, sampah pantai

Widianto, penjaga sampah pantai dari Lampung Timur

Widianto dan masyarakat membersihkan sampah di pantai (Lampung.Antaranews.com/istimewa/Muklasin)

Lampung Timur (ANTARA) - Hampir satu tahun lebih Widianto (30) membersihkan sampah yang berserakan di pantai Timur  Kabupaten Lampung Timur.

Sampah-sampah tersebut bersumber dari masyarakat yang membuang sampah di laut, kemudian diseret ombak ke tepian pantai. 

Oleh mantan Mahasiswa D3 Universitas Gajah Mada ini, sampah dikumpulkan, yang  organik dan bisa dikelola dikirim ke bank sampah, yang non-organik dibakar supaya tidak menumpuk.

Seiring waktu pantai ini  menjadi lokasi wisata, namanya Objek Wisata Pantai Mutiara Baru, masuk wilayah Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Sampah dari pengunjung pun dia bersihkan.

"Sudah satu tahun ini membersihkan sampah di pantai ini, sampah sebagian berasal dari kiriman dari laut dan sampah sampah sebagian dari pengunjung yang membuang sampah sembarangan," kata Widianto di Lampung Timur, Rabu (27/11).

Awalnya kegiatan itu dilakoni sendiri, sekarang rutinitas membersihkan sampah di pantai dibantu oleh masyarakat sekitar.

"Kalau sekarang sudah ada yang membantu, terutama pemuda-pemuda yang bekerja di objek wisata Pantai Mutiara Baru," ujarnya.

Selain melakoni membersihkan pantai dari sampah, Widianto melakukan edukasi menjaga pohon  di kawasan pantai setempat.

"Kita edukasi juga menanam pohon, tidak mesti menanam mangrove, pohon cemara juga," ujarnya.


 
Widianto dan masyarakat menanam pohon di pantai/foto istimewa

Respons masyarakat setempat cukup bagus dan menyambut baik karena masyarakat sadar pohon adalah benteng mencegah abrasi.

Widianto menyatakan, motivasi mau melakukan itu karena tidak ingin  alam rusak karena akan berpengaruh terhadap perubahan iklim.

"Perubahan iklim seperti panas berkepanjangan itu dampak dari tidak kesadaran manusia terhadap alam, dari situ alasannya. Kalau yang muda tidak bergerak, nanti anak cucu kita tidak bisa merasakan udara yang segar," ungkap dia.

Objek Wisata Pantai Mutiara Baru  sekarang kondisinya ini lebih bersih dari sampah daripada sebelumnya, masyarakat sekitar pun berangsur mulai sadar pentingnya menjaga alam.

Upaya menyadarkan masyarakat mencintai alam terus dilakukan oleh Widianto dengan  sosialisasi langsung dan melalui ajakan tidak langsung melalui papan peringatan berisi larangan membuang sampah sembarangan di pantai dan laut.