Dispar Biak melibatkan pokdarwis dan warga adat jaga kebersihan lokasi objek wisata

id berita,wisata biak, pokdarwis biak

Dispar Biak melibatkan pokdarwis dan warga adat jaga kebersihan lokasi objek wisata

Kepala Dinas Parwisata Biak Turbey Onismus Dangeubun S.Pi,M.Si.(ANTARA/Muhsidin)

"Berbagai daerah tujuan wisata di Biak tetap bersih dari sampah. Ketika tempat wisata bersih dapat memberikan kenyamanan bagi kunjungan wisatawan nusantara dan turis mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun di Biak, S
Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua telah melibatkan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan masyarakat adat pengelola tempat wisata di kampung untuk senantiasa menjaga kebersihan fasilitas daerah tujuan objek wisata.

"Berbagai daerah tujuan wisata di Biak tetap bersih dari sampah. Ketika tempat wisata bersih dapat memberikan kenyamanan bagi kunjungan wisatawan nusantara dan turis mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun di Biak, Sabtu.
Baca juga: Dispar berharap pengoperasian stasiun antariksa di Biak tingkatkan sektor pariwisata

Ia menyebut, selain kebersihan lokasi daerah tujuan wisata pihak Dispar Biak Numfor pada taun 2019 membangun fasilitas toilet.

Ketersediaan toilet disediakan di lokasi objek wisata Biak, menurut Onisimus, sangat vital dibutuhkan para wisatawan yang berkunjung ke tempat daera tujuan wisata

"Dispar Biak Numfor akan melengkapi sarana prasarana daerah tujua wisata yang tersebar di berbagai kampung dan distrik sebagai dsstinasi unggulan,"ungkap Kadispar Onisimus Dangeubun.

Jajaran pariwisata Kabupaten Biak Numfor, kata Onisimus, hingga tahun 2019 sudah menyiapkan program pembangunan sarana prasarana pariwisata seperti home stay (tempat penginapan).
Baca juga: Dispar Biak Numfor siapkan DAK Rp5,4 miliar bangun sarana objek wisata

Sementara itu, petugas pengelola pantai Segara indah Bosnik Baltasar mengakui, masalah kebersihan pantai menjadi perhatian pengelola objek wisata pantai Segara Indah Bosnik.

"Kami sudah menyiapakn petugas khusus pengangkut sampah di lokasi tempat wisata untuk merawat dan menjaga objek wisata pantai Bosnik tetap bersih,"katanya.

Beberapa objek wisata yang menjadi daerah tujuan wisata warga Biak, diantaranya pantai Segara Indah Bosnik, pantai Wari, goa Jepang Binsari, monumen perang dunia II Paray, kuburan tua Padwa, lokasi wisata bahari kampung Samberpasi serta beberapa fasilitas pantai dan air terjun harus bersih dari sampah plastik.
Baca juga: Dispar Papua salurkan bantuan peralatan masak ke kelompok usaha wisata Biak

 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar