Dispar berharap pengoperasian stasiun antariksa di Biak tingkatkan sektor pariwisata

id berita,wisata biak,stasiun antariksa biak

Dispar berharap pengoperasian stasiun antariksa di Biak tingkatkan sektor pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Turbey Onisimus Dangeubun. ANTARA/Muhsidin

"Saat ini proses pembangunan infrastruktur stasiun antariksa sedang berlangsung, diharapkan ketika stasiun antariksa sudah mulai berfungsi akan dapat mendorong peningkatan di sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dange
Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua memperkirakan pengoperasian stasiun antariksa yang mulai dibangun pada tahun 2020 oleh Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN) di Kabupaten Biak Numfor, Papua dapat mendorong sektor pariwisata dengan peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah itu.

"Saat ini proses pembangunan infrastruktur stasiun antariksa sedang berlangsung, diharapkan ketika stasiun antariksa sudah mulai berfungsi akan dapat mendorong peningkatan di sektor pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Turbey Onisimus Dangeubun di Biak, Rabu.
Baca juga: Dispar Biak Numfor siapkan DAK Rp5,4 miliar bangun sarana objek wisata

Ia mengakui, kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Biak hingga 2019 masih bekisar 100 orang per bulan.

"Kita harapkan program teknologi luar angkasa yang digagas pemerintah pusat melalui LAPAN dapat terealisasi sesuai jadwal," kata Onisimus yang juga mantan Kepala Bappeda Biak Numfor.

Untuk itu, perlu upaya menarik investor agar mau menanamkan modalnya di suatu kabupaten/kota dalam mengelola sektor pariwisata.

Tiga hal yang harus disiapkan pemerintah daerah untuk menjadi daya tarik investor mancanegara, yakni pemberian insentif, penyediaan lahan tempat dan jaminan keamanan investasi.

"Potensi pariwisata Biak Numfor yang menjanjikan diharapkan dapat menjadi daya tarik investor mancangeara untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata,"harap Kadispar Biak Onisimus Dangeubun.
Baca juga: Dispar Papua salurkan bantuan peralatan masak ke kelompok usaha wisata Biak

Berdasarka data LAPAN merencanakan mulai 2020 akan membangun fasilitas stasiun antariksa berlokasi di areal Kampung Saukobye distrik Biak Utara yang wilayah itu sangat dekat dengan garis equator.
Baca juga: Layanan Palapa Ring tingkatkan promosi wisata digital Kabupaten Biak Numfor
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar