Cukur Belarusia 4-0, Jerman puncaki Grup C dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020

id timnas jerman,timnas belarusia,kualifikasi euro,kualifikasi piala eropa,matthias ginter,leon goretzka,toni kroos

Cukur Belarusia 4-0,  Jerman puncaki Grup C dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020

Gelandang serang tim nasional Jerman Leon Goretzka (kanan) melakukan selebrasi bersama Toni Kroos (tengah) dan Ilkay Guendogan seusai mencetak gol ke gawang Belarusia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C di Stadion Borussia-Park, Moenchengladbach, Jerman, Sabtu (16/11/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Leon Kuegeler)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Jerman mencukur tamunya Belarusia 4-0 di Stadion Borussia-Park, Sabtu setempat (Minggu WIB), demi meloloskan diri ke putaran final Piala Eropa 2020 sekaligus memuncaki klasemen sementara Grup C fase kualifikasi.

Matthias Ginter dan Leon Goretzka membuka keunggulan Jerman sebelum Toni Kroos melengkapi kemenangan Der Panzer lewat raupan dwigol yang dibukukannya.

Kemenangan itu membuat Jerman mengoleksi 18 poin dan menggusur Belanda (16) dari puncak klasemen lantaran pesaingnya itu hanya main imbang nirgol di Irlandia Utara (13), demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Meski bermain imbang dengan Irlandia, Belanda lolos ke putaran final Piala Eropa 2020

Kendati demikian baik Jerman dan Belanda dipastikan menjadi dua tim dari Grup C yang mengamankan satu tiket ke putaran final Piala Eropa 2020, sedangkan Irlandia Utara dan Belarusia berkesempatan lolos lewat jalur playoff.

Empat menit sebelum babak pertama berakhir, Ginter membawa Jerman mengungguli Belarusia dengan melakukan tembakan memutar demi menyelesaikan umpan tarik kiriman Serge Gnabry.

Keunggulan itu digandakan Goretzka empat menit memasuki babak kedua dengan menyambar bola sepak pojok yang dikirimkan Kroos ke tepian kotak penalti. Ginter yang terlihat lebih dulu menyambut bola melakukan aksi tipuan demi memberikan kesempatan Goretzka melepaskan tembakan keras untuk membenamkan bola ke sudut kiri bawah gawang.

Baca juga: Inggris lumat Montengero 7-0 dan memastikan langkah menuju putaran final Piala Eropa 2020

Kroos lantas menambah keunggulan Jerman pada menit ke-55 lewat tembakan melengkung yang tak memberikan kesempatan kiper Aleksandr Gutor melakukan penyelamatan.

Belarusia sempat memperoleh peluang untuk memperkecil ketertinggalan mereka ketika mendapat hadiah tendangan penalti ketika Pavel Nekhajchik dijatuhkan Robin Koch di dalam area terlarang pada menit ke-73.

Sayangnya, eksekusi penalti Igor Stasevich yang sudah dilakukan dengan baik dan terarah ke sudut kiri bawah gawang mendapati respon tak kalah gemilang dari kiper Manuel Neuer yang menebak arah bola dan menepisnya.

Kondisi kian buruk bagi Belarusia ketika Kroos mencetak gol keduanya dengan memperdaya penjaganya setelah menerima umpan sodoran dari Ilkay Guendogan sebelum menghujamkan bola ke sudut kanan bawah gawang pada menit ke-83 demi melengkapi kemenangan Jerman menjadi 4-0.



Susunan pemain:

Jerman (4-3-3): Manuel Neuer; Lukas Klostermann, Matthias Ginter, Robin Koch, Nico Schulz; Ilkay Guendogan, Joshua Kimmich, Toni Kroos; Leon Goretzka, Serge Gnabry (Gian-Luca Waldschmidt), Timo Werner (Julian Brandt)
Pelatih: Joachim Loew

Belarusia (4-4-2): Aleksandr Gutor; Sergey Matveychik, Aleksandr Martynovich, Nikita Naumov, Denis Polyakov; Yuri Kovalec (Maksim Skavysh), Ivan Maevski, Stanislav Dragun, Pavel Nekhajechik (Dmitri Bessmerty); Igor Stasevich, Denis Laptev (Vitali Lisakovich)
Pelatih: Mikhail Markhel
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar