Jerman perpanjang kontrak Nagelsmann sebagai pelatih hingga 2026

id Timnas Jerman,Bayern Muenchen,Thomas Tuchel,Julian Nagelsmann,Euro 2024

Jerman perpanjang kontrak Nagelsmann sebagai pelatih hingga 2026

Pelatih kepala Jerman Julian Nagelsmann mengamati sebelum pertandingan sepak bola persahabatan antara Jerman dan Belanda di Frankfurt, Jerman barat, pada 26 Maret 2024. (ANTARA/AFP/Kirill Kudryavtsev)

Kontrak baru pemain berusia 36 tahun itu berlaku hingga akhir Piala Dunia FIFA 2026 di AS, Kanada, dan Meksiko, tambahnya
Jakarta (ANTARA) - Timnas Jerman resmi memperpanjang kontrak pelatih Julian Nagelsmann sampai 2026 atau setelah berakhirnya Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, menjelang dimulainya Euro 2024 di Jerman pada 14 Juni sampai 14 Juli mendatang.

Perpanjangan kontrak ini membuat Nagelsmann tak mengkhawatirkan jabatannya apapun hasil Euro 2024 setelah dikontrak Die Mannschaft sampai turnamen itu selesai tahun ini.

Juga, keputusan ini membuat mantan timnya Bayern Muenchen gigit jari setelah disebut-sebut bakal menukangi The Bavarian setelah Thomas Tuchel pergi akhir musim ini.

"Julian Nagelsmann akan tetap menjadi pelatih nasional tim nasional putra senior Jerman setelah Euro di kandang sendiri," tulis federasi sepak bola Jerman dalam lamannya pada Jumat.

"Kontrak baru pemain berusia 36 tahun itu berlaku hingga akhir Piala Dunia FIFA 2026 di AS, Kanada, dan Meksiko," tambahnya.

Setelah menandatangani kontrak baru bersama Jerman, Nagelsmann merasa sangat senang, sampai berkata "Merupakan kehormatan besar bisa melatih tim nasional dan bekerja dengan para pemain terbaik di negara ini".

Pelatih kelahiran 23 Juli 1987 itu mengungkapkan dua kemenangan Jerman pada dua laga persahabatan terakhir Maret lalu, ketika menang 2-0 atas Prancis dan 2-1 atas Belanda turut mempengaruhi keputusannya untuk andil membawa Jerman kembali merajai dunia seperti terakhir kali pada 2014.

"Kami ingin memainkan Euro yang sukses bersama-sama dan saya sangat menantikannya bersama tim pelatih saya. Tantangan Piala Dunia," katanya.

Sementara itu, bagi Presiden DFB Bernd Neuendorf, perpanjangan kerja sama dengan Nagelsmann merupakan salah satu bagian menyukseskan Euro 2024 yang merupakan turnamen terbesar Jerman sejak terakhir kali menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006.

Ia berharap kontrak baru ini membuat Nagelsmann fokus 100 persen membawa Ilkay Gundogan cs  menggondol trofi Eropa keempat sejak terakhir kali merengkuhnya pada 1996.

"Bagi Julian Nagelsmann, timnas lebih dari sekadar pekerjaan, ini masalah nyata yang dekat dengan hatinya. Sekarang ada keamanan perencanaan dan semua orang dapat berkonsentrasi sepenuhnya pada penampilan sukses dalam Euro 2024," katanya.

Euro 2024 akan dihelat di 10 kota di Jerman; Berlin, Cologne, Munich, Frankfurt, Hamburg, Dortmund, Leipzig, Gelsenkirchen, Stuttgart, dan Dusseldorf.

DJerman sendiri menghuni Grup A bersama Skotlandia, Hungaria, Swiss.