Festival Kopi 2019 upaya Pemkab Pati promosikan produk minuman kopi lokal

id promosikan, produk minuman kopi, lewat festival kopi

Festival Kopi 2019 upaya Pemkab Pati promosikan produk minuman kopi lokal

Bupati Pati Haryanto saat mencoba minuman kopi. (Foto: Dok.)

festival kopi ini digelar semata-mata untuk mengenalkan produk minuman kopi daerah
Pati (ANTARA) - Dalam rangka memperkenalkan produk minuman kopi lokal agar lebih dikenal masyarakat secara luas Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar Fstival Kopi 2019. 

Festival kopi digelar di Plaza Pragolo Pati, Minggu, diikuti sejumlah pelaku usaha kopi lokal dan dihadiri Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Forkopimda dan jajaran OPD.

Menurut Bupati kegiatan festival kopi ini digelar semata-mata untuk mengenalkan produk minuman kopi daerah.

"Kami memang berkomitmen mempromosikan produk lokal serta wisata yang sudah dilengkapi dengan Peraturan Bupatinya maupun regulasi yang mendukung," ujarnya.

Dengan festival ini diharapkan produk-produk asli warga Pati itu bisa dikenal masyarakat secara luas.

Haryanto mengatakan dalam merintis usaha memang bertahap dan tidak selamanya Pemkab terus menerus menuntun para pelaku usaha maupun pedagang, mengingat kewajiban pemkab sebatas memfasilitasi.

"Setidaknya, agar para pelaku UKM maupun pengusaha dapat semakin mengembangkan usahanya dengan baik. Kami sediakan media, buatkan regulasi, dan diadakan pertemuan. Itu tujuannya adalah agar masyarakat semakin mengenal," ujarnya. 

Potensi kopi di Pati ini luar biasa. Jadi nanti kami berharap bahwa semua pelaku usaha kopi serta komunitas, dapat menyatu guna mengangkat kopi Pati. Jangan ada prasangka hal tersebut sebagai sebuah persaingan. 

Hingga saat ini jumlah merek kopi yang beredar di Kabupaten Pati berkisar  200-an merek.