Tim pra-PON Lampung juarai turnamen futsal tingkat ASEAN di Padang

id futsal

Tim pra-PON Lampung juarai turnamen futsal tingkat ASEAN di Padang

Tim pra PON Lampung keluar sebagai juara Turnamen ASEAN Rafhely Specs Cup IX 2019 di Kota Padang (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Tim futsal pra PON Lampung berhasil menjuarai turnamen futsal ASEAN Rafhely Specs Cup IX di Kota Padang, Sumatra Barat setelah menundukkan tuan rumah dengan skor 4-3.

Gol kemenangan pra PON lampung dicetak oleh Egi Desta Ramadhan menit ke-13 dan 28, Refani Putra Sela menit ke-26 dan Aldy Riofandy menit ke-36.

Sementara gol balasan tim pra PON Sumbar dicetak oleh Afis Yunanda pada menit ke-30, Muhammad Fikri menit ke-33 dan Adrizal Putra menit ke-36.

Sejak awal laga kedua tim saling menyerang untuk mencetak gol dan memastikan diri sebagai yang terbaik di dalam turnamen yang digelar sembilan tahun berturut-turut tersebut.

Tim Pra PON Lampung yang diperkuat lima pemain Liga Pro futsal terlihat dominan dan tenang dalam menyerang bertahan.

Mereka berhasil unggul tiga gol langsung dari tuan rumah melalui dua gol Egi Desta Ramadhan dan satu gol Refani Putra Sela.

Namun tim pra PON Sumbar terus berupaya mengejar ketertinggalan dengan menerapkan power play. Hasilnya mereka mampu menyamakan kedudukan.

Petaka datang saat pemain pra PON Sumbar melakukan pelanggaran keenam di babak kedua dan wasit menunjuk titik putih.

Aldy Riofandy yang menjadi algojo berhasil menuntaskan tugasnya dan hingga babak kedua berakhir tim pra PON Lampung berhasil mempertahankan keunggulannya.

Tim pra PON Lampung menjadi juara RSC IX dan berhak menerima piala serta uang pembinaan Rp45 juta. Sementara pra PON Sumbar harus puas di peringkat kedua dan meraih piala dan uang pembinaan Rp25 juta.

Selain itu pada perebutan tempat ketiga pra PON DKI Jakarta berhasil menjadi peringkat ketiga dan membawa piala serta uang pembinaan Rp15 juta kemudian pra PON Papua di tempat keempat menerima piala dan uang pembinaan Rp10 juta.

Sementara untuk pemain terbaik di turnamen ini adalah pemain pra PON Sumatera Barat Youmil Abdanu Furqon, penjaga gawang terbaik dari pra PON Lampung Caesar serta pencetak gol terbanyak diambil oleh pemain pra PON DKI Jakarta Afif Rizky dengan 13 gol.

Inisiator RSC IX 2019 Haji Yasman Yanusar mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terus berlatih mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi ajang pra PON.

"Turnamen ini merupakan tempat mengasah kemampuan tim pra PON dan menjalin silaturahmi antara tim futsal dari beberapa daerah yang mengikuti turnamen ini. Semoga turnamen ini terus bergulir setiap tahunnya," kata dia.