Pembuat kartu kuning "serbu" Kantor Disnaker Bandarlampung

id Pemkot Bandarlampung ,Pencari kerja Bandarlampung,Disnaker kota Bandarlampung, kartu kuning, pencari kerja

Pembuat kartu kuning "serbu" Kantor Disnaker Bandarlampung

Salah satu masyarakat Bandarlampung yang sedang membuat kartu kuning di Dinasker Bandarlampung, Rabu, (12/6/2019) (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Para pencari kerja yang akan membuat kartu kuning (kartu pencari kerja)  "menyerbu" Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandarlampung  pasca libur Lebaran 2019. 

"Kami mencatat sebanyak 141 masyarakat Bandarlampung yang mencetak kartu kuning hingga saat ini pasca libur lebaran 2019," kata Kabid penetapan tenaga kerja (Dinasker) Kota Bandarlampung, M. Kabul di Bandarlampung, Rabu (12/6).

Ia menyebutkan pada hari pertama data jumlah pembuat kartu kuning sebanyak 48, hari kedua 41 dan sampai sore ini tercatat sudah 52 kartu kuning yang dikeluarkan Dinasker.

Sedangkan pada hari biasa, tambah dia, masyarakat Bandarlampung yang membuat kartu pencari kerja ini berkisar 15 sampai 20 orang pencari kerja saja.

Menurut dia, dari hasil keterangan pembuat kartu kuning ini, 60 persen dari mereka akan menggunakan kartu tersebut untuk mencari pekerjaan baru di Pulau Jawa.

Kabul menerangkan, bahwa Dinaker Bandarlampung dalam proses pembuatan kartu kuning memiliki dua opsi, pertama pembuatan kartu kerja menggunakan proses online dan proses manual.

"Secara keseluruhan kami tidak memiliki masalah meski permintaan pembuatan kartu kuning membludak, karena kami juga terbantu dengan proses online ini," kata dia.

Untuk diketahui bahwa pembuatan kartu kuning sendiri dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi website www.ipkol-bandarlampung.com bagi yang berdomisili Bandarlampung, sedangkan untuk di luar kota melalui www.ayokitakerja.kemenaker.go.id.