Pemkot Upayakan Produk Usaha Mikro Dipasarkan ke Luar Daerah

id Pemkot Bandarlampung,Upayakan Memasarkan Produk Usaha Mikro

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung tahun ini memiliki program untuk membantu pemasaran produk-produk usaha mikro yang dimiliki masyarakat kota Tapis Berseri ke luar daerah.

"Usaha mikro yang sudah kita bina, nantinya kita ikutkan dalam pameran-pameran, dalam upaya memperkenalkan hasil kerajinan mereka, seperti tapis dan produk lainnya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandarlampung Girendra, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan untuk menumbuhkembangkan usaha mikro di masyarakat Bandarlampung, pihaknya telah melakukan pelatihan  bagi wirausaha yang baru tumbuh ataupun yang sudah berjalan.

"Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan dalam produksi dan manajemen serta pemasarannya," kata dia.

Selain itu dari tahun 2006 hingga saat ini Pemkot Bandarlampung telah mempunyai program bantuan pendananaan untuk usaha mikro.

"Kami lebih terfokus mengembangkan usaha-usaha mikro di kecamatan yang ada di Bandarlampung,  itu adalah bantuan pinjaman modal bagi usaha mikro ataupun usaha yang modalnya di bawah 50 juta," kata dia menjelaskan.

Dia mengatakan pinjaman yang diberikan oleh pemkot juga tidak terlalu besar yakni sebesar satu juta bagi wirausaha yang baru meminjam dan maksimal dua juta bagi yang sudah pernah meminjam.

Ia mengharapkan, dengan program-program tersebut dapat membantu para pelaku usaha mikro yang ada di Bandarlampung lebih berkembang lagi dan terus hidup.