KPU Lampung sosialisasi soal Pemilu di Lapas perempuan

id lapas perempuan, sosialisasi pemilu

KPU Lampung sosialisasi soal Pemilu di Lapas perempuan

Suasana sosialisasi Pemilu di Lapas Perempuan (antaralampung/HO)



      Bandarlampung, (Antaranews Lampung) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) dengan cara memberikan sumulasi  Pemilu  terhadap warga binaan di Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Way Huwi, Lampung Selatan, Jumat.

     Agenda tersebut merupakan program relawan demokrasi yang juga dikemas dengan senam sehat gembira, dialog interaktif, dan simulasi pencoblosan.

      Kepala Lapas (Kalapas) Perempuan Kelas IIA, Setyo Pratiwi berterimakasih dengan adanya Bawaslu dan KPU yang memberikan simulasi Pemilu di kantornya.

      "Dengan adanya Bawaslu dan KPU kami bisa memiliki TPS khusus," kata dia menjelaskan.

      Menurut Pratiwi sejak tahun 2015 Bawaslu maupun KPU belum pernah mengadakan Pemilu di kantornya. Sejak Pemilu Gubernur, pihaknya bersama warga binaan melakukan pemilihan ikut bersama di Lapas Narkotika.

      "Apalagi kalau kita harus memberikan pengawasan warga binaan di Lapas sepertinya agak sulit ya. Risikonya kalau memberikan pengawasan ke luar," kata dia.

      Berdasarkan data di Lapas Perempuan, warga binaan tersebut berjumlah sebanyak 341 orang. Dari 341 warga binaan tersebut, sebanyak 138 orang telah dilakukan perekaman oleh Disdukcapil Lampung.

      "Yang sudah diserahkan ada 114 KTP, dan sisanya bertahap. Untuk yang belum melakukan perekaman sama sekali juga masih kita upayakan karena ada sedikit kendala yakni nomor NIK-nya," kata dia merincikan.**