Nelayan Margasari Lamtim pertanyakan tongkang pengangkut pasir

id Lampung Timur, kapal tongkang, Desa Margasari

Nelayan Desa Margasari Lampung Timur (Foto:Antaralampung.com/Muklasin)

Kami cek dulu, siapa tahu hanya kapal tongkang lewat
Lampung Timur (Antaranews Lampung ) - Nelayan Desa Margasari di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, resah menyusul beredarnya informasi adanya kapal tongkang pengangkut pasir di wilayah perairan laut daerah mereka.

Sehubungan itu, sejumlah nelayan Desa Margasari ini berkumpul di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kuala Penet desa setempat, Rabu, untuk mencari tahu kebenaran kabar tersebut.

"Ini masih perkiraan saja, kami mau memastikan apakah benar ada kapal tongkang itu di laut sekitar tempat kami," ujar warga yang tidak mau disebut namanya saat ditemui.

Menurut warga itu, Rabu siang ini sejumlah nelayan dan aparat polisi perairan setempat akan menuju ke tengah laut untuk mengecek dan melihat kapal tersebut.

"Kami cek dulu, siapa tahu hanya kapal tongkang lewat," ujarnya.

Sejumlah warga nelayan lainnya mengatakan khawatir wilayah laut mereka dieksploitasi pasir lautnya.

Menurut mereka, wilayah laut Sekopong yang diduga akan dieksploitasi pasirnya oleh perusahaan swasta tersebut merupakan tempat habitat rajungan serta ikan sehingga jika diambil pasirnya akan merugikan keberlangsungan mata pencarian nelayan setempat.

Karena itu, jika ada pengambilan pasir oleh pihak perusahaan mereka menyatakan menolaknya.

Kasat Polair Kuala Penet Polres Lampung Timur AKP Faisal membenarkan pihaknya bersama nelayan akan mengecek kepastian keberadaan kapal tongkang itu.

"Kami akan cek siang ini, untuk memastikannya, biar warga tidak resah dan tidak menduga-duga," katanya.
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar