Bupati pimpin aksi "World CleanUp Day" di Waykanan

id Hari Kebersihan Sedunia, Waykanan, hari bebas sampah

Aksi World CleanUp Day di Waykanan (Antara Lampung/Emir FS)

   
Waykanan (AntaraNews Lampung) – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya memimpin aksi "World Cleanup Day" atau aksi membersihkan lingkungan dari sampah di daerah itu, yang dipusatkan di Pasar Baradatu  Waykanan.
   
"Dengan kegiatan aksi bersih dari sampah ini dapat mengurangi sampah yang berserakan, serta memberikan contoh kepada generasi muda untuk menjaga kebersihan daerah dan lingkungannya," kata Bupati  Raden Adipati Surya, di Pasar Baradatu, Minggu.
   
Menurut dia, sampah juga dapat dikelola dan diolah yang berdampak ekonomis dengan penerapan inovasi 4R.
   
Ia menyebutkan maksud 4 R itu sebagai "Replace" atau mengganti barang sekali pakai dengan produk yang bisa digunakan berulangkali atau tahan lama; "Reduce" atau mengurangi sampah dengan cara membawa tas kain sendiri saat  saat berbelanja untuk menghindari penggunaan tas plastik dan tas kertas; "Re-use" atau memakai kembali seperti menggunakan botol-botol bekas untuk wadah, manfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk membungkus dan sebagainya; serta "Recycle" atau mendaur ulang barang bekas pakai.
   
"Mendaur ulang memang tidak mudah jika dilakukan sendiri, tapi kita dapat membantu dengan cara mengumpulkan kertas, kaleng, botol untuk disalurkan               n kepada ahlinya. Alangkah baiknya jika kita menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya yang merupakan hasil daur ulang, dan dibutuhkan partisipasi dan peran serta masyarakat," katanya.
   
"Jadi, kita sejak dini harus menjaga kebersihan, karena kebersihan merupakan hal utama dalam kehidupan," katanya
   
Ia menyebutkan kebersihan sebenarnya sesuatu yang mudah dan murah. Namun jika diabaikan, akan berakibat fatal dan mahal harga yang harus dibayarkan jika tetap diabaikan.
   
"Kebersihan timbul dari jiwa yang bersih, sehingga mampu melahirkan pikiran dan tingkah laku yang bersih yang akan mengantarkannya kepada kehidupan yang bersih dan jernih, yang pada akhirnya akan menciptakan atmosfer lingkungan yang segar dan indah dalam segala hal. Kehidupan yang seperti itulah yang kita inginkan," jelasnya
   
Aksi World CleanUp Day di Waykanan (Antara Lampung/Emir FS)

Bupati Adipati mengharapkan agar masyarakat segera bergegas untuk menciptakan kebersihan sedini mungkin. 
   
"Ayo.. tunggu apa lagi, segera bergegas ciptakan kebersihan dimulai dari yang kecil, dari diri sendiri, dan dilakukan sekarang agar hidup kita bermakna, berkualitas serta nyaman," katanya.  
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar