Lampung waspada hujan lebat-angin kencang

id Ilustrasi hujan lebat

Lampung waspada hujan lebat-angin kencang

Ilustrasi hujan lebat (Foto: Antaralampung.com/HO)

Bandarlampung (Antaranews Lampung ) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Minggu menyampaikan peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Lampung.

Menurut siaran pers tim pemrakira yang bertugas di Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, hujan lebat disertai kilat berpotensi terjadi di Kabupaten Pesisir Barat (Bengkunat); Tanggamus (Pematang Sawa, Kelumbayan, Cukuh Balak, Kelumbayan Barat); Lampung Selatan (Sidomulyo, Bulok, Kalianda, Rajabasa, Ketapang); Lampung Timur (Waway Karya, Jabung, Gunung Pelindung, Pasir Sakti, Bandar Sribhawono); dan dapat meluas ke Lampung Selatan (Merbau Mataram, Tanjung Bintang).

BMKG juga menyampaikan kemungkinan terjadinya angin kencang di beberapa wilayah, dan potensi gelombang tinggi maksimum 3,0 meter di wilayah perairan barat Lampung pada Minggu pagi hingga Senin (17/9) pagi.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung yang berlaku 16 September pukul 07.00 WIB sampai dengan 17 September 2018 pukul 07.00 WIB menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 5-20 knot. Jarak pandang berkisar antara 4-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar 22-33 derajat Celsius, kecuali wilayah Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) yang suhunya diprakirakan 17-30 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar 45-88 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) yang kelembapannya 65-97 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, dan siangnya hujan berpotensi turun di wilayah Kabupaten Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, dan Lampung Tengah.

Malamnya hujan berpotensi turun di wilayah Kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Tanggamus. Dan pada dini hari hujan diprakirakan turun di wilayah Kabupaten Way Kanan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.