Berapa jumlah petempur Rusia tewas akibat gempuran koalisi AS ?

id Perang Irak dan Suriah, Gerilyawan Kurdi

File/Pasukan anti-ranjau Rusia bersiap meninggalkan Aleppo. (Kemenhan Rusia/upi.com)

...meminta Presiden Vladimir Putin untuk mengungkapkan berapa banyak orang Rusia telah tewas di Suriah dan dalam kondisi apa
Moscow (Antara/Reuters) - Petempur Rusia termasuk di antara mereka yang tewas saat pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat bentrok dengan pasukan pro-pemerintah di Suriah bulan ini, menurut mantan rekan korban, Senin.

        
Pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa lebih dari 100 petempur yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad tewas saat koalisi dan pasukan lokal pendukung koalisi menggagalkan serangan besar semalam pada 7 Februari.

        
Kementerian Pertahanan Rusia, yang mendukung pasukan Bashar dalam perang saudara Suriah, mengatakan pada saat itu bahwa milisi pro-pemerintah yang terlibat dalam insiden tersebut telah melaksanakan pengintaian dan tidak ada prajurit Rusia yang berada di daerah tersebut.

        
Tapi setidaknya dua pria Rusia yang bertempur secara informal dengan pasukan pro-pemerintah tewas dalam insiden di Provinsi Deir al-Zor, rekan mereka mengatakan kepada Reuters, Senin.

        
Salah satu korban tewas bernama Vladimir Loginov, seorang warga Cossack dari wilayah kantong Kaliningrad Rusia. Maxim Buga, pemimpin komunitas Cossack disana, mengatakan Loginov telah tewas pada 7 Februari bersama dengan "puluhan" petempur Rusia lainnya.

        
Pria lain yang tewas itu bernama Kirill Ananiev, digambarkan sebagai seorang nasionalis radikal Rusia. Alexander Averin, juru bicara partai nasionalis yang dikaitkan dengannya, mengatakan kepada Reuters bahwa Ananiev telah tewas dalam baku tembak dalam pertempuran yang sama pada 7 Februari.

        
Kantor Berita Reuters sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara
, melaporkan tidak dapat mengonfirmasi secara independen kematian tersebut.

        
Grigory Yavlinsky, seorang politisi liberal veteran yang mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan bulan depan, meminta Presiden Vladimir Putin untuk mengungkapkan berapa banyak orang Rusia telah tewas di Suriah dan dalam kondisi apa.

        
"Jika ada korban besar dari kelompok warga negara Rusia, pejabat yang relevan, termasuk panglima tertinggi angkatan bersenjata kita (Putin), wajib memberitahu negara dan memutuskan siapa yang bertanggung jawab atas hal ini," ujar Yavlinsky dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh partai Yabloko-nya.

        
Pesawat tempur Rusia mengintensifkan serangan terhadap kota-kota yang dikuasai pemberontak di Provinsi Idlib di Suriah utara pada awal bulan, sehari setelah pemberontak menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia dan membunuh pilotnya.

        
Sumber pertahanan sipil mengatakan serangan udara menyerang Kota Kafr Nubl dan Maasran, serta kota-kota Saraqeb, Maarat al Numan dan Idlib, dan bahwa sejumlah kematian dan lusinan orangyang cedera dilaporkan terjadi saat tim penyelamat menggali di reruntuhan.

        
Sebuah rumah sakit diserang di Maarat al Numan, saksi dan penduduk mengatakan, dan setidaknya lima orang dikhawatirkan tewas dalam serangan lain yang merusak bangunan tempat tinggal di Kafr Nubl.

        
Video yang direkam oleh regu penyelamat menunjukkan bayi-bayi di tandu dilarikan oleh petugas pertahanan sipil dari rumah sakit yang rusak sementara regu penyelamat lainnya berjuang memadamkan api.

        
Di kota Idlib, ibu kota provinsi tersebut, seorang saksi mengatakan sebuah bangunan bertingkat lima hancur dan setidaknya lima belas orang dikhawatirkan tewas.

Penerjemah : GNC Aryani/M Anthoni
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar