Marselino pencetak gol termuda keempat Piala Asia di abad 21

id Marselino Ferdinan,Timnas Indonesia,Indonesia 1-3 Irak,Son Heung-min,Piala Asia 2023

Marselino pencetak gol termuda keempat Piala Asia di abad 21

Foto arsip - Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Palestina Mousa Farawi (kiri) dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.

Salah satu hal positif terbesar Tim Garuda dalam pertandingan pembuka turnamen. Ikon masa depan sepakbola Indonesia, lanjut cuitan @FTalentScout

Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol termuda keempat di Piala Asia pada abad ke-21 atau mulai tahun 2001, menyusul golnya pada laga pembuka Piala Asia 2023 Qatar saat melawan Irak dengan skor akhir 1-3 di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1).

Dikutip dari Twitter @FTalentScout, Selasa, pesepak bola milik klub Belgia KMSK Deinze itu mencetak golnya pada turnamen empat tahunan itu saat usianya menginjak 19 tahun 4 bulan 6 hari.

“Marselino Ferdinan dari Indonesia adalah pemain termuda ke-4 yang mencetak gol di Piala Asia abad ke-21,” tulis dari @FTalentScout, Selasa.

Mantan pemain Persebaya Surabaya itu terpaut hampir satu tahun dari pencetak gol termuda Piala Asia abad ke-21 yang dipegang bintang Tottenham Hotspur di Korea Selatan Son Heung-min.

Saat itu, Son mencatatkan namanya ke papan skor saat usianya 18 tahun 6 bulan 10 hari. Kapten Spurs mulai musim ini itu, mencetak gol di Piala Asia edisi 2011 saat membantu negaranya menjebol gawang timnas India pada menit ke-81 untuk menutup kemenangan dengan skor 4-1.

Korea Selatan Heung-min Son (Korea Selatan) - 18 tahun, 6 bulan & 10 hari. Mohanad Ali (Irak) - 18 tahun, 6 bulan & 19 hari. Magid Mohamed Hassan (Qatar)- 18 tahun, 9 bulan 1&7 hari. MARSELINO FERDINAN (Indonesia) - 19 tahun 4 bulan 6 hari,” tambah @FTalentScout.

“Salah satu hal positif terbesar Tim Garuda dalam pertandingan pembuka turnamen. Ikon masa depan sepakbola Indonesia,” lanjut cuitan @FTalentScout.

Selain rekor itu, Marselino juga membukukan rekor lainnya yaitu menjadi pemain Indonesia termuda yang mencetak gol di Piala Asia. Ia melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ponaryo Astaman di Piala Asia 2004 yang mencetak gol di usia 24 tahun, 9 bulan, 29 hari.

Selain soal menjadi pencetak gol termuda, Marselino juga menjadi pemain pertama dari Belgian Challenger Pro League atau kasta kedua Liga Belgia yang dapat mencetak gol di Piala Asia.

“Marselino Ferdinan dari @KMSKDeinze adalah pemain pertama dari Liga Pro Challenger Belgia yang pernah mencetak gol di @afcasiancup. Garuda,” tulis dari Twitter @OptaJohan, Selasa.