Berjaya di Liga Champions, namun Seedorf belum sukses sebagai pelatih

id Liga Spanyol, Seedorf

Berjaya di Liga Champions, namun Seedorf belum sukses sebagai pelatih

Clarence Seedorf (REUTERS/Giampiero Sposito)

Ia merupakan pelatih dengan karakter, seorang pemimpin
Barcelona (Antara/Reuters) - Clarence Seedorf merupakan salah satu pesepak bola paling berprestasi yang pernah ada dan ia berniat untuk membuktikan bahwa dirinya juga mampu memberi pengaruh dari pinggir lapangan, ketika ia berupaya memulihkan Deportivo La Coruna yang terjun bebas saat menjamu Real Betis pada Senin.

        
Mantan gelandang Real Madrid ini merupakan satu-satunya pemain yang pernah menjuarai Liga Champions dengan tiga klub yang berbeda, mengoleksi 11 penghargaan utama bersama Ajax Amsterdam, Real, dan AC Milan namun ia belum mampu mengulangi kesuksesannya sebagai seorang pelatih.

        
Pria Belanda ini dipecat Milan dan tim China Shenzhen FC setelah lima bulan dan hanya mengarsiteki tim pada 36 pertandingan, membuat dirinya menjadi pilihan yang mengejutkan untuk Depor ketika mereka memecat Cristobal Parrolo setelah kalah lima kali dari tujuh pertandingan terakhirnya serta terjerumus ke zona degradasi.

        
Seedorf menyadari tantangan yang dihadapinya untuk mencegah Deportivo terdegradasi dan para pemain barunya mengatakan ia telah meninggalkan impresi positif.

        
"Ia merupakan pelatih dengan karakter, seorang pemimpin. Ia ingin kami percaya kepada diri sendiri, ia merupakan pelatih serius yang menyukai intensitas," kata penyerang Adrian Lopez kepada para pewarta pada Kamis.

        
"Untuk dapat mengubah hal ini kami perlu percaya kepada diri sendiri, terdapat energi baru di sini sekarang dan kami harus mentransfernya di ruang ganti."
   
Seedorf telah meminta sesi-sesi latihan dilipat gandakan dan meminta para pemain untuk lebih sering makan siang bersama untuk mendongkrak semangat tim.

        
"Kami semua melihat kepada dirinya dengan rasa kagum. Merupakan kehormatan bagi kami untuk bermain bersama dia dan ini berarti bahwa kami akan memberi lebih banyak perhatian terhadap apa yang ia katakan. Serangkaian sesi latihan berjalan dengan baik dan membantu kami untuk lebih mengenal satu sama lain," tutur Adrian.

        
Seedorf merupakan pelatih kedelapan Deportivo yang ditunjuk sejak 2014 dan merupakan yang ketiga musim ini setelah Parrolo dan Pepe Mel. Mereka memiliki catatan pertahanan paling buruk di liga, kemasukan 51 gol dalam 22 pertandingan, dan kemenangan terakhir mereka didapat dua bulan silam.

        
Pemuncak klasemen Barcelona akan menjamu Getafe yang berupaya kembali ke jalur setelah bermain imbang 1-1 di markas Espanyol, yang memangkas keunggulan di puncak klasemen atas Atletico menjadi sembilan poin.

        
Atletico akan mengunjungi markas tim juru kunci Malaga pada Sabtu, sedangkan juara bertahan Real Madrid menjamu Real Sociedad sambil mencari dorongan rasa percaya diri empat hari sebelum tim ibukota itu memainkan pertandingan leg pertama 16 besar melawan Paris St Germain (PSG).