IBI Darmajaya targetkan masuk 100 PT terbaik

id IBI Darmajaya, Rektor Baru, 100 terbaik, Andi Desfiandi

IBI Darmajaya targetkan masuk 100 PT terbaik

MAHASISWA Korea yang tergabung dalam Word Friends IT Volunteer berbagi ilmu dan pengalaman Informasi dan Teknologi (IT) dengan sejumlah mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya. (Humas IBI Darmajaya)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung menargetkan masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada lima tahun mendatang.

"IBI Darmajaya saat ini masuk pada klaster III di urutan 160-an perguruan tinggi terbaik dari 4.500 PTN dan PTS di Indonesia. Semoga IBI Darmajaya dapat terus memperbaiki kualitas, sehingga pada lima tahun mendatang dapat menjadi 100 perguruan tinggi terbaik di Indonesia," kata mantan Rektor IBI Darmajaya periode 2006--2015, Dr Andi Desfiandi SE MA, di Bandarlampung, Kamis (19/11).

Andi pada Rabu (18/11) telah menyerahkan jabatannya kepada rektor baru untuk periode 2015 hingga 2019 yaitu Firmansyah YA MBA MSc, dalam acara serah terima jabatan di Masjid Baitul Ilmi Kampus IBI Darmajaya Bandarlampung.

Andi menjelaskan, saat ini IBI Darmajaya terus berupaya membekali dan meningkatkan mutu mahasiswa.

Diharapkan lulusan IBI Darmajaya mempunyai nilai lebih di antaranya memiliki kompetensi yang diperoleh dari praktikum, sehingga dapat mengasah keahlian mereka.

Tak hanya itu, menurutnya, mahasiswa semester akhir juga diwajibkan memiliki minimal satu sertifikat internasional, sehingga skill mereka diakui oleh dunia.

"IBI Darmajaya juga telah menjalankan Kurikulum 2015 meskipun baru diterapkan 25 persen. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan ilmu 'technopreneurship' dan 'character building' untuk menjadi generasi yang berkarakter dan memiliki jiwa berwirausaha," katanya pula.

Ia menambahkan, IBI Darmajaya juga bercita-cita menjadi World Recognized University pada tahun 2023.

"Saat ini IBI Darmajaya telah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, seperti Inggris, Malaysia, Tiongkok, Thailand, Vietnam, dan beberapa negara lainnya. Target ke depan, IBI Darmajaya harus memperluas kerja sama internasional dengan universitas ternama di Amerika Serikat dan Eropa Timur, sehingga cita-cita IBI Darmajaya menjadi World Recognized University dapat terwujud," kata dia.

Menanggapi hal itu, Rektor baru IBI Darmajaya, Firmansyah, mengaku siap melanjutkan perjuangan Andi Desfiandi untuk memajukan IBI Darmajaya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian Andi Desfiandi yang telah selama sembilan tahun menjabat sebagai Rektor IBI Darmajaya.

Bahkan, Firman menargetkan sesuai dengan masa jabatan rektor, Darmajaya akan masuk 100 PT terbaik di Indonesia pada empat tahun mendatang.

Acara serah terima jabatan rektor itu juga dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Alfian Husin, H Alfian Husin SH, Ketua Yayasan Pendidikan Alfian Husin, dr Hj Yoenidar Karim Alfian, para dosen dan karyawan IBI Darmajaya.