PKS Lampung Timur Siapkan Pengganti Almarhum Prio

id PKS Lampung Timur Siapkan Pengganti Almarhum Prio

...Kami sudah mengajukan calon pengganti pada Jumat (6/11) ke KPU Lampung Timur atas nama Imantoko Riyanto, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum DPD PKS Lampung Timur...
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Lampung Timur menyiapkan calon wakil bupati, pengganti almarhum Prio Budi Utomo, ke KPU setempat untuk mendampingi calon bupati Erwin Arifin, menyusul meninggalnya Prio pada Kamis lalu (4/11).

"Kami sudah mengajukan calon pengganti pada Jumat (6/11) ke KPU Lampung Timur atas nama Imantoko Riyanto, saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum DPD PKS Lampung Timur," Ujar Nur Fauzan, Ketua DPD PKS Lampung Timur, saat dihubungi di Lampung Timur, Senin.

Terkait Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan, pasal 83 ayat 1 yang menyatakan apabila sejak kampanye sampai hari pemungutan terdapat pasangan calon yang berhalangan tetap, tetapi masih ada dua pasangan calon atau lebih, KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota tetap melanjutkan tahapan pemilihan.

Lalu, ayat 2 pasal serupa menjelaskan, calon atau pasangan calon yang berhalangan tetap dinyatakan gugur dan tidak dapat diajukan calon atau pasangan calon pengganti, Fauzan menyatakan partai pengusung Erwin Arifin sedang berupaya melakukan uji materiil atas pasal dan ayat dimaksud ke Mahkamah Konstitusi.

"Kami sedang coba ke Mahkamah Kontitusi, karena ada beberapa kejadian serupa di daerah lain dan bisa melaksanakannya," katanya lagi.

Menjawab pertanyaan kendala waktu yang sempit dalam proses uji materiil ke MK itu, Nur Fauzan mengatakan bisa saja partainya dan partai pengusung lainnya akan segera menentukan sikap untuk mengusung pasangan calon bupati lainnya.

"Nanti akan kami bicarakan dengan teman-teman koalisi," ujarnya lagi.

Ketua KPU Lampung Timur, Andri Oktavia saat dihubungi, untuk mempertanyakan keputusan KPU setempat atas nasib calon bupati Erwin Arifin tidak menjawab panggilan telepon kepadanya.

Namun melalui pesan singkatnya, dia hanya mengatakan sedang berada di Jakarta. "Saya sedang di Jakarta," katanya melalui pesan singkat dari nomor HP-nya.

Belum lama ini, Prio Budi Utomo, calon wakil bupati yang berpasangan dengan calon bupati Erwin Arifin meninggal dunia, dan belum dipastikan kelanjutan pencalonan Erwin Arifin ini, karena masih menunggu keputusan KPU setempat.

Sebelumnya, pada Kamis (4/11), Ketua KPU Lampung Timur, Andri Oktavia mengatakan pihaknya akan segera melakukan kajian atas aturan dan undang-undang berkaitan nasib pencalonan Erwin Arifin itu.

"Besok kami rapatkan dan bahas, baik itu PKPU dan undang-undangnya untuk diambil keputusan. Paling lambat tiga hari kami bisa putuskan," katanya saat itu. 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar