Rykco Menoza Prioritaskan Pembangunan Jalan Antardesa

id lampung selatan, rycko menoza

Pembangunan jalan poros menghubungkan 17 kecamatan masih berlangsung saat ini, ke depannya kami akan membangun jalan penghubung dari desa ke desa lain
Kalianda, Lampung (ANTARA Lampung) - Calon Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP menegaskan akan memprioritaskan pembangunan jalan antardesa di kabupaten ini, dengan dukungan dari masyarakat untuk memimpin kembali daerah ini periode berikutnya 2016--2021.

"Pembangunan jalan poros menghubungkan 17 kecamatan masih berlangsung saat ini, ke depannya kami akan membangun jalan penghubung dari desa ke desa lain," kata Rycko Menoza SZP yang maju kembali pada pilkada serentak 2015 berpasangan dengan Eki Setyanto, di Kalianda, Minggu.

Rycko menjelaskan, pembangunan jalan merupakan prioritas dengan berbagai pertimbangan karena sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ia menyatakan pula, harus dipahami bersama oleh masyarakat bahwa sebesar apa pun APBD yang dimiliki pemerintah tidak mencukupi jika harus mengalokasikan semuanya untuk pembangunan infrastruktur tersebut, sehingga harus dilakukan secara bertahap menyesuaikan dengan ketersediaan dana.

Dia menyebutkan, panjang jalan strategis di Lampung Selatan 1.240 kilometer, dan 700 km di antaranya mengalami kerusakan, sedangkan jalan poros sebanyak tujuh ruas dengan panjang 200 km.

"Sebanyak 75 persen jalan itu dilalui warga untuk aktivitas warga di sektor peternakan, perkebunan, pertanian, perdagangan dan industri, sehingga harus tetap menjadi prioritas utama," kata dia pula.

Ia mengharapkan, masyarakat juga memahami, dengan luas wilayah Lampung Selatan, anggaran dana yang tersedia juga harus dibelanjakan secara merata untuk semua sektor termasuk pendidikan, pertanian, kesehatan dan sektor lainnya.

Namun, kata Rycko lagi, hendaknya patut bersyukur karena atas kerja sama semua lapisan masyarakat pada tahun 2010 APBD Lampung Selatan pada kisaran Rp700 miliar dengan beban defisit Rp50 miliar, pada akhir masa jabatannya telah mencapai lebih dari Rp1,8 triliun.

Rycko mengaku tidak suka berjanji kepada masyarakat, namun sudah menjadi komitmennya untuk memajukan Lampung Selatan menjadi semakin maju dan perekonomian masyarakat terus meningkat.

Ia menambahkan, pembangunan di Lampung Selatan telah banyak dilaksanakan, seperti pembangunan sarana olahraga, objek wisata, pendidikan, termasuk pembangunan rumah sakit rawat inap yang semula hanya satu sekarang sudah 13 lokasi yang tersebar di sejumlah kecamatan dan akan terus ditambah pada periode kepemimpinan berikutnya dengan dukungan kembali dari masyarakat setempat.

Pilkada setentak Kabupaten Lampung Selatan diikuti tiga pasangan calon, yaitu Zainuddin Hasan-Nanang Ermanto yang diusung PKS, PAN, PKS, PDI Perjuangan, dan Partai NasDem; Rycko Menoza SZP-Eki Setyanto yang diusung Partai Demokrat dan Hanura; dan M Soleh Bajuri-A Ngadelan Jawawi yang diusung Partai Gerindra dan PKB.

Rycko Menoza-Eki Setyanto adalah Bupati-Wakil Bupati Lampung Selatan periode sebelumnya, dan kembali maju berpasangan pada pilkada 9 Desember 2015 nanti. (Ant)