BKKBN: Orang Tua Jangan "Cuek"

id bkbn,orang an ak cuek,perkembangan anak,bkkbn

BKKBN: Orang Tua Jangan "Cuek"

Logo Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN). (antaranews.com)

Orang tua harus 'care'(memperhatikan,red) dan memahami perkembangan anak remajanya, harus dibiasakan kumpul dengan anak remajanya dan berbincang-bincang dengan santai."
Jakarta, (ANTARA Lampung) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengimbau para orang tua untuk bersikap peduli atau tidak "cuek" pada perkembangan anak remaja untuk menghindari berbagai problem di kalangan generasi muda.
         
"Orang tua harus 'care'(memperhatikan,red) dan memahami perkembangan anak remajanya, harus dibiasakan kumpul dengan anak remajanya dan berbincang-bincang dengan santai," kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta, Minggu.
         
Sudibyo Alimoeso menjelaskan, berkomunikasi dengan anak jangan hanya berbicara soal hal berat seperti pekerjaan rumah di sekolah dan lain sebagainya namun hal-hal lain yang ringan yang menyangkut kehidupan anak remaja sehari-hari.       

"Misalkan berbicara mengenai musik kesukaan, film favorit sampai ke kasus narkoba dan pernikahan dini, namun dilakukan dengan cara yang santai," katanya.
         
Dia juga menambahkan, apabila orang tua memiliki anak remaja yang sedang menghadapi berbagai masalah remaja maka fungsi orang tua adalah pemberi solusi dan jangan bersikap menghakimi.
         
"Orang tua harus ikut memberi solusi bukan hanya sekedar instruksi, dan tidak bersikap menghakimi bila anak sedang mengalami permasalahan khas remaja," katanya.
         
Sudibyo menambahkan, orang tua harus menempatkan diri sebagai sahabat bagi anak remajanya.
         
"Orang tua harus menjadi sahabat sekaligus guru bagi anak remaja mereka," katanya.
       
Orang tua tambah dia, harus benar-benar fokus dalam mengikuti perkembangan anak remaja mereka mengingat problem remaja pada saat ini sangat kompleks.
         
"Permasalahan remaja pada saat ini sangat beragam, mulai dari seks bebas, narkoba hingga HIV dan AIDS," katanya.
         
Karena itu, peran orang tua sangat penting dalam menjauhkan anak-anak remaja mereka dari berbagai permasalahan remaja.