Caleg Meliawati Ingin Dorong Perempuan Berwirausaha

id Caleg Meliawati Ingin Dorong Perempuan Berwirausaha

Meliawati SE MM, caleg Partai Golkar untuk DPRD Kota Bandarlampung, dengan mug cangkir bergambar dirinya. (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Dok. Ist)

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Meliawati SE, MM, calon anggota legislatif perempuan Partai Golkar untuk DPRD Kota Bandarlampung di Lampung, ingin mendorong perempuan berwirausaha jika terpilih sebagai anggota DPRD.

"Perempuan selalu saja dianggap remeh bila tidak bisa berbuat sesuatu. Dengan menjadikan diri kita pengusaha jelas nilai kita akan lebih," kata perempuan kelahiran 8 Juni 1981 itu, di Bandarlampung, Selasa (25/3).

Menurut dia, kebanyakan perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) adalah perempuan yang hanya menjadi ibu rumah tangga.

"Dengan menjadi pengusaha, selain bisa membantu ekonomi keluarga, kita pun tidak menjadi korban KDRT," kata pengusaha yang bergerak di bidang bahan bangunan berupa cat Jotun dari belum dikenal hingga diminati di Lampung ini pula.

Menurut dia, salah satu persoalan yang menjadi kendala adalah permodalan, baik bagi perempuan yang ingin memulai usaha maupun yang ingin mengembangkan usaha kecil menengah yang digeluti.

Untuk itu, ia akan memperjuangkan kemudahan akses permodalan bagi perempuan. Menurut dia, anggaran untuk mendukung usaha kecil menengah sebenar sudah ada, namun masih sulit diakses dan minim publikasi.

"Anggaran seperti itu harusnya bisa menyentuh semua kalangan, termasuk perempuan," katanya.

Selain itu, Meliawati juga ingin mendorong pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan usaha kerajinan yang digeluti perempuan, terutama terkait pemasaran produk mereka.

Ia mengungkapkan banyak ibu rumah tangga yang menghasilkan karya bernilai jual tinggi, antara lain kain tapis dan bunga dari limbah plastik, namun kesulitan untuk memasarkan.

"Jika bisa dipasarkan di sejumlah hotel di Bandarlampung, terlebih bisa dipasarkan di luar Provinsi Lampung, tentu menambah keuntungan bagi mereka," katanya.

Meliawati juga ingin memperjuangkan peningkatan kualitas pendidikan, baik formal maupun informal, khususnya bagi kalangan perempuan.

Meliawati adalah Direktur PT Hydro Jotalindo Perkasa (Jotun Paint), UD Multimas Usaha Jaya (Wallpaper), Aneka Warna (Jotun Paint), dan aktif sebagai pengurus Partai Golkar Lampung serta sejumlah organisasi, seperti AMPI, HIPMI, dan JCI (Junior Chamber International) di Lampung.

Dalam hal bisnis, dia mengaku harus bekerja ekstra keras untuk mencapai kondisi saat ini, antara lain memulai usaha mengenalkan cat Jotun yang nyaris belum memasyarakat hingga menjadi dikenal di Lampung saat ini.

Kini, dia akan mencoba peruntungannya berkiprah di politik dengan maju sebagai caleg, untuk memperluas bidang pengabdian yang sudah dijalaninya selama ini, sehingga dapat lebih memberi pengaruh bagi lebih banyak orang lagi.




Pewarta :
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar