PMII Bandarlampung Ajak Lawan Politik "Wani Piro"

id aksi demo PMII Lampung

PMII Bandarlampung Ajak Lawan Politik "Wani Piro"

Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Lampung tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar orasi dan penggalangan 1.000 tanda tangan untuk tercipta demokrasi terhormat, di Bandarlampung, Rabu (8/1). (FOTO: ANTA

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Pengurus Cabang Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia Bandarlampung di Lampung mengajak masyarakat daerahnya untuk melawan praktik politik "wani piro" atau politik uang berani berapa, guna menciptakan Pemilu 2014 yang menghasilkan legislatif bersih.

"Hari ini kami menggelar aksi dan menggalang 1.000 tanda tangan menolak politik uang," ujar Ketua PC PMII Bandarlampung Hendri Badra, di Bandarlampung, Rabu (8/1).

Aksi tersebut, demikian Hendri, diharapkan dapat mengembalikan pemilihan umum pada khittahnya.

"Kami mengharapkan di provinsi dan negeri ini mencapai demokrasi terhormat yang indikatornya adalah pemilih murah hati, toleran, dan saling menghargai," ujar dia lagi.

Dalam aksi yang berlangsung dari Gedung Juang hingga Tugu Adipura pusat Kota Bandarlampung itu, PC PMII Bandarlampung mengajak masyarakat untuk berani menolak demokrasi transaksional, umbar janji dan halal-haram hantam.

"Tindak lanjut dari aksi ini adalah pembukaan posko aduan dugaan kecurangan pemilu yang akan ditempatkan di beberapa titik di Kota Bandarlampung," ujar Hendri lagi.

Ia menambahkan, setelah merdeka 68 tahun, kematangan demokrasi di Indonesia masih sangat jauh dari apa yang diinginkan.

"Terutama bagi para buruh, petani, dan pedagang kecil, republik ini masih terkungkung dengan kegalauan sistem demokrasi," demikian Hendri Badra.