Kamis, 17 Agustus 2017

Seribuan Warga Ikuti Jalan Sehat HUT RI

id dirum sdm dan umum
Seribuan Warga Ikuti Jalan Sehat HUT RI
Direktur Umum dan SDM PGN Desima E. Siahaan melepas jalan sehat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Komplek PTPN-VII Bandarlampung, Minggu (13/8) (FOTO: ANTARA Lampung/Samino)
...Kami sangat senang dapat menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 1.200 warga Lampung mengikuti jalan sehat, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikoordinasikan PT Perusahaan Gas Negara (Persero).

Direktur Umum dan SDM PGN Desima E. Siahaan di Bandarlampung, Minggu, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari program "BUMN Hadir untuk Negeri" yang diselenggarakan di Provinsi Lampung.

PGN lanjutnya, menjadi Koordinator Pelaksana di Provinsi Lampung bersama PTPN VII.

"Kami sangat senang dapat menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Selain itu, dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan energi baik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Lampung," ujarnya.

Pelaksanaan jalan sehat itu mulai dari Komplek PTPN VII Jalan Teuku Umar, Bandarlampung, Provinsi Lampung.

Kegiatan yang diikuti oleh 1.200 orang ini terdiri atas karyawan BUMN dan keluarga daerah Bandarlampung serta masyarakat umum.

Jalan sehat berjarak 4,2 kilometer dengan start dari Komplek PTPN melalui Jalan KI Maja, lalu melewati Jalan Sultan Agung, melewati Mal Boemi Kedaton dan kemudian berakhir di Komplek PTPN VII.

Sebelum melaksanakan jalan sehat ini, kata Desima, PGN juga telah melaksanakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan kegiatan pertukaran pelajar antarprovinsi di Indonesia.

Kali ini, PGN memfasilitasi pertukaran pelajar asal Lampung ke Banten dan sebaliknya pelajar asal Banten ke Lampung, dengan periode pertukaran mulai dari 19 Juli hingga 28 Juli 2017.

Tujuan acara tersebut untuk menanamkan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman dan kekayaan nusantara.

Sebanyak 23 peserta SMN asal Lampung yang terdiri atas 18 siswa SMA/SMK, 2 siswa SLB (tuna rungu), 2 guru pendamping, dan 1 perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung telah diajak untuk lebih mengenal daerah lain, yakni Provinsi Banten.

Sepanjang kegiatan ini, para siswa SMN asal Banten yang bertandang ke Lampung diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai Lampung, termasuk diantaranya mengunjungi Offtake Station PGN di Labuan Maringgai.

Offtake Station ini adalah lokasi pengoperasian kapal Floating Storage Regatification Unit (FSRU).

Keberadaan FSRU Lampung sangat strategis karena mampu meningkatkan serapan gas bumi untuk domestik dan mengurangi ekspor gas bumi, sehingga meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam bagi perekonomian nasional.

Dari FSRU Lampung, gas mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ) sehingga gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan.

Tujuan utama pembangunan terminal penerima LNG di Lampung ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya. FSRU Lampung diresmikan pada April 2014.

Tidak hanya itu, sebagai BUMN gas bumi, PGN juga diberikan tanggung jawab untuk membangun jaringan gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di Bandarlampung, Provinsi Lampung.

Proyek jargas di Bandarlampung dengan total sepanjang 204 kilometer tersebut ditargetkan selesai seluruhnya pada akhir 2017. Pembangunan jargas ini rencananya untuk 10.321 sambungan rumah di Lampung. PGN juga bertugas untuk mengoperasikannya.

Pemerintah juga menugaskan PGN untuk membagikan sekaligus memasang konverter kit di kendaraan dinas dan angkutan kota sebanyak 116 unit.

Pembagian konverter kit ini bagian dari rencana Pemerintah yang menargetkan sebanyak 5.000 unit konverter kit dapat dibagikan ke masyarakat pada tahun ini.

Desima menjelaskan, sebagai BUMN Gas Bumi, PGN siap melaksanakan penugasan yang diamanatkan pemerintah.

"PGN terus mendukung program konversi energi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Karena itu kami meminta dukungan seluruh pemangku kepentingan agar dapat bekerja sama untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi secara nasional," kata Desima.

Saat ini, PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 7.270 kilometer pipa gas bumi atau setara 80 persen infrastruktur pipa gas bumi Indonesia.

PGN juga telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.930 pelanggan komersial, dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.


(ANTARA)



Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0093 seconds memory usage: 0.37 MB