Senin, 21 Agustus 2017

Lampung Tengah Bantu Jamaah Haji Rp2 Miliar

id haji
Lampung Tengah Bantu Jamaah Haji Rp2 Miliar
Bupati Lamteng Mustafa saat melepas jamaah haji setempat. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, membantu jamaah clon haji asal daerah tersebut Rp2,6 juta per orang sehingga total anggaran yang disediakan mencapai Rp2 miliar.

"Bantuan ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Lampung Tengah. Mudah-mudahan mereka bisa kembali ke Tanah Air dengan jumlah yang sama dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurroh," kata Bupati Mustafa dalam rilis di Bandarlampung, Minggu.

Ia berpesan agar para jamaah bisa menjaga kesehatan saat di Tanah Suci dan selalu mematuhi arahan dari para petugas.

Jamamah juga diingatkannya agar senantiasa membawa kartu identitas agar lebih mudah dikenali dan saling menjaga satu sama lain.

Bupati Lampung Tengah mengimbau agar jamaah jangan terlena dengan kesenangan berbelanja atau hal-hal lainnya saat di Tanah Suci.

Utamakan untuk beribadah, sehingga rukun sunah maupun wajib ibadah haji bisa terlaksana dengan baik dan mereka kembali ke Indonesia dengan menyandang haji yang mabrur dan mabrurroh.

Mustafa juga meminta agar jamaah juga mendoakan warga Palestina yang saat ini tengah terjadi konflik dengan Israel.

"Doakan juga untuk seluruh warga Palestina yang saat ini sedang dilanda konflik dengan Israel. Semoga mereka segera bisa terbebas dari konflik, dan bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya, bisa melakukan ibadah di Masjid Al-Aqsa dan bisa ikut melaksanakan ibadah haji bersama-sama," kata Mustafa.

Mustafa didampingi wakil bupati setempat melepas keberangkatan 393 jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 6, di rumah dinas wakil bupati. Rombongan kloter 6 merupakan kelompok pertama untuk Kabupaten Lampung Tengah dan juga Provinsi Lampung.

Mustafa mengatakan Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017 ini akan memberangkatkan 1021 calon haji yang terdiri atas 477 jamaah laki-laki dan 544 jamaah perempuan yang terbagi menjadi 3 kloter. Kloter pertama adalah kloter 6 berjumlah 388 jamaah, yang di berangkatkan pada Minggu.

Kemudian kloter 10 sebanyak 388 jamaah yang diberangkatkan Senin (31/7), dan kloter 56 sebanyak 245 jamaah berangkat pada 22 Agustus mendatang bersama calon haji Kota Metro dan Kota Bandar Lampung.

"Dari total jamaah haji, dua orang telah meninggal dunia dan dua orang menyatakan mundur karena sakit. Jadi yang berangkat sebanyak 1021 jamaah. Namun jumlah ini lebih banyak dari tahun lalu. Sebab tahun ini Lampung Tengah mendapat penambahan kuota sekitar 200-an calon haji dari jumlah tahun lalu sebanyak 800-an jamaah," jelasnya.

Calon haji termuda adalah Kaniful Mustafa (24), warga Kampung Kotagajah, Kecamatan Kotagajah yang tergabung dalam kloter 6. Sedangkan yang tertua adalah Kasmini Karto Wiyono (87), warga Kampung Mojopahit, Kecamatan Punggur yang tergabung dalam Kloter 10.

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0085 seconds memory usage: 0.35 MB