Operasi Patuh di Mesuji Kedepankan Penegakan Hukum

id polres mesuji, operasi patih 2017 di mesuji

Operasi Patuh di Mesuji Kedepankan Penegakan Hukum

Jajaran Polres Mesuji menggelar Operasi Patuh 2017 di Kabupaten Mesuji, Selasa (9/5) (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)

...Yang ditindak itu pelanggaran yang berpotensi kecelakaan, kata Reza...
Mesuji, Lampung  (ANTARA Lampung) - Operasi Patuh 2017 yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, mulai 9-22 Mei mengedepankan penegakkan hukum bagi para pelanggar lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Mesuji AKP Reza Khomeni di Mesuji, Selasa menjelaskan, Operasi Patuh yang digelar selama 14 hari bertujuan untuk menciptakan lalu lintas yang kondusif jelang persiapan pengamanan Ramadhan dan Idul Fitri, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Pihaknya, kata Reza, memerintahkan jajarannya untuk mengedepankan penegakkan hukum represif berupa bukti pelanggaran (tilang), terutama bagi para pelanggar lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Yang ditindak itu pelanggaran yang berpotensi kecelakaan. Gunakan tindakan represif berupa penilangan terukur tanpa mengesampingkan tindakan preventif. Kedepankan sikap humanis, lakukan 3S, `senyum, sapa, salam`", katanya.

Beberapa jenis pelanggaran yang akan ditindak dalam Operasi Patuh 2017, di antaranya kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan, pelanggaran rambu lalu lintas dan marka jalan, dan melawan arus.

Selanjutnya, tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menyalakan lampu di malam hari, tidak menggunakan helm bagi pengendara motor, dan menaikkan atau menurunkan penumpang di sembarang tempat.

Bagi para pengendara, Reza mengimbau untuk melengkapi surat-surat kendaraannya dan berkendaralah secara aman.

Ia menjelaskan tujuan operasi yakni terwujudnya kesadaran disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, menurunkan fatalitas kecelakaan, terciptanya kerja sama yang baik antarinstansi terkait dan terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Selain itu juga meningkatkan disiplin anggota lalu lintas serta terwujudnya pelayanan kepolisian yang bersih dan bebas KKN," ujarnya.

Operasi Patuh ini melibatkan puluhan personel yang terdiri atas jajaran Satuan Lalu Lintas dan dilaksanakan di seluruh wilayah Mesuji. (Ant)