Layanan Pembuatan E-KTP Buka Hingga Sabtu

id wali kota bandarlampung, Herman hn, ambulans, e-ktp

Layanan Pembuatan E-KTP Buka Hingga Sabtu

Ilustrasi e-KTP (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

Bandarlampung, (ANTARALampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dibuka hingga hari Sabtu untuk mengejar tenggat tanggal 30 September 2016 seluruh masyarakat bisa memilikinya.

"Pelayanan pembuatan E-KTP sudah saya minta hingga hari Sabtu, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan berdesak-desakan," katanya di Bandarlampung.

Dia meminta seluruh kecamatan yang melayani perekaman untuk memaksimalkan kinerja sehingga masyarakat tidak kecewa atas pelayanan pemerintah.

Ia menegaskan pembuatan E-KTP gratis tidak dipungut biaya sehingga masyarakat jangan memberikan uang kepada petugas yang meminta.

"Jika ada masyarakat yang dimintai uang saat pembuatan E-KTP segera laporkan sebab yang meminta akan diberikan sanksi tegas," kata dia.

Menurutnya, ini sudah menjadi perintah pemerintah pusat yang meminta masyarakat untuk melakukan perekaman, sebab nantinya seluruh pelayanan apa pun harus disertai E-KTP.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung Hendry Iswandi mengatakan sesuai dengan perintah wali kota, instansinya akan buka pelayanan hingga hari Sabtu.

"Pelayanan akan dibuka hingga hari Sabtu, agar tidak terjadi penumpukan pemohon E-KTP," kata dia.

Ia mengatakan akan membuat jalur khusus untuk lansia dan ibu hamil agar tidak ikut desak-desakan bersama dengan masyarakat lainnya.

Dalam satu pekan terakhir terjadi lonjakan E-KTP sehingga sisa blanko pun tinggal 17 ribu.

"Bahkan kita harus menambah tempat duduk dan tenda agar seluruh masyarakat terlayani," kata dia.

Dalam sepekan terakhir ada tiga kecamatan yang melakukan perekaman hingga malam hari yakni Kecamatan Kemiling, Kecamatan Tanjungkarang Timur (TKT) dan Kecamatan Bumiwaras. **