BEM FEB Unila Kembangkan Desa Binaan

id Desa Binaan BEM FEB Unila, BEM FEB Unila, Desa Binaan, FEB Unila

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung pada tahun 2015/2016 mengembangkan desa binaan di Dusun Fajar Bulan, Desa Mulyosari, Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Sekretaris Dinas 3 BEM FEB Unila, Ferdinan Ramadana, di Bandarlampung, Rabu (2/12), mengatakan BEM FEB Unila periode 2015/2016 mengadakan kegiatan yang berbasis pengabdian masyarakat dengan program kerja yang berbentuk desa binaan itu.

"Program kerja desa binaan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan BEM FEB Unila sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada suatu desa yang memang secara kondisi layak untuk dibina, karena tergolong desa yang tertinggal," ujarnya.

Desa binaan tahun ini berlokasi di Dusun Fajar Bulan, Desa Mulyosari, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran. Pelaksanaannya selama dua minggu pada 20-22 November 2015 dan 27-29 November 2015.

BEM FEB Unila bekerja sama dengan instansi terkait untuk memfasilitasi kebutuhan warga dan aparatur desa dalam sosialisasi dan pemberian bibit, seperti bantuan dari PTPN VII, Dinas Pengairan dan Pemukiman Provinsi Lampung, Dinas Sosial Lampung, Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung, dan BPMPD Lampung.

"Melalui kegiatan desa binaan ini diharapakan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan poin ketiga dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat, sehingga akan tumbuh rasa kepedulian sosial dan kepekaan terhadap sesama, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Wakil Gubernur BEM FEB Unila Yusmitha Sari.

BEM FEB Unila dalam program kerja desa binaan tahun ini menghimpun dana dari mahasisawa dan pimpinan FEB Unila serta donatur yang berasal dari Rotary Club untuk pembangunan MCK umum di Dusun Fajar Bulan.

"Telah dibangun tiga MCK di tiga titik untuk digunakan bagi warga Dusun Fajar Bulan, mengingat warga dusun tersebut tidak memiliki MCK sendiri. Warga Dusun Fajar Bulan pada saat itu masih menggunakan WC `cemplung`, sehingga berpengaruh pada kesehatan warganya. Harapannya dengan MCK umum yang telah dibangun dapat berguna bagi warga Dusun Fajar Bulan. MCK itu pun akan dicatat sebagai aset desa oleh aparatur desa setempat," kata Gubernur BEM FEB Unila Febri Romadon.

BEM FEB Unila juga bekerja sama dengan BEM fakultas lain di Unila, seperti BEM Fakultas Teknik sebagai partner untuk berkonsultasi dalam pembangunan MCK umum dan BEM Fakultas Kedokteran sebagai partner di bidang kesehatan yang memberikan penyuluhan dan cek kesehatan gratis bagi masyarakat Dusun Fajar Bulan dan sekitarnya.