Harga Ayam Potong Di Mesuji Lampung Melonjak

id harga ayam potong naik, ayam potong

Harga Ayam Potong Di Mesuji Lampung Melonjak

Ilustrasi Daging ayam (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Mesuji, Lampung  (ANTARA Lampung) - Harga ayam potong di pasar tradisional Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Kamis, melonjak akibat berkurang pasokan yang diterima para pedagang di daerah ini.

Menurut Malik, salah satu pedagang ayam potong di Pasar Simpang Pematang, Mesuji, Kamis, harga ayam potong terus merangkak naik dari semula bertahan berkisar Rp30 ribu per kilogram sebelum dan pada saat Lebaran lalu, kini naik menjadi Rp38 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga ayam potong itu berlangsung bertahap dan hingga saat ini terus merangkak naik," kata dia.

Menurut Malik, melambungnya harga ayam potong dipicu oleh tingginya permintaan konsumen pada saat ini musim hajatan.

Kondisi itu mengakibatkan semakin berkurang ketersediaan ayam dewasa yang siap potong dari pemasok saat ini.

Dia menuturkan, pada hari-hari biasa, ia dapat memperoleh pasokan hingga 200 kilogram per hari, kini pemasok hanya memberi jatah sekitar 100--150 kilogram per hari.

"Pada saat kemarau panjang ini permintaaan ayam potong tinggi karena permintaan juga tinggi, sementara ayam yang ada masih kecil-kecil sehingga pasokan dikurangi," ujarnya.

Ia menyatakan, karena pasokan berkurang, padahal permintaan terhadap ayam potong tidak mengalami perubahan dan tetap tinggi, membuat harganya cenderung terus naik. Per harinya, ia dapat menjual sekitar 100--150 kilogram ayam potong.

"Permintaan ayam potong tetap tinggi, apalagi saat ini juga masih musim hajatan," ujarnya.***3***

(B014*)

(T.B014/C/T013/T013) 20-08-2015 11:26:37