Kualifikasi PD-Arab Saudi dan Jepang amankan kemenangan tipis

id Kualifikasi Piala Dunia 2026,Timnas Jepang,Timnas Arab Saudi,Timnas Korea Selatan,Timnas Indonesia

Kualifikasi PD-Arab Saudi dan Jepang amankan kemenangan tipis

Trofi Piala Dunia. (ANTARA/Twitter@FIFAWorldCup)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Arab Saudi hingga Jepang mengamankan kemenangan tipis, sementara Korea Selatan (Korsel) tertahan pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia.
 
Selain itu, terdapat juga dari Singapura menahan imbang China, serta Indonesia yang sukses torehkan poin penuh pertama dengan mengalahkan Vietnam.
 
Berikut rekap matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia:
 
Grup A
 
Qatar tercatat sukses mengamankan poin penuh pada tiga pertandingan awal mereka setelah mengalahkan Kuwait dengan skor 3-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Jumat dini hari WIB.
 
Hasil tersebut membuat Qatar kokoh pada puncak klasemen sementara Grup A dengan torehan sembilan poin dari tiga pertandingan dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke ronde ketiga.
 
Selain itu, di Grup A juga terdapat pertandingan yang mempertemukan Afghanistan dengan India yang berkesudahan imbang tanpa gol di Stadion Damac, Arab Saudi.
 
Kini India menempati peringkat kedua dengan empat poin hasil dari tiga pertandingan, sementara Afghanistan berada di posisi juru kunci dengan raihan satu poin.
 
Pada pertandingan selanjutnya Grup A Qatar akan kembali bertemu dengan Kuwait di Stadion Sabah Al Salem, Kuwait City dan giliran India menjamu Afghanistan di Stadion Indira Gandhi Athletic, Assam.
 
Berikut klasemen sementara Grup A:
 
No Negara Main SG Poin
1 Qatar 3 13 9
2 India 3 -2 4
3 Kuwait 3 0 3
4 Afghanistan 3 -11 1

Jadwal pertandingan matchday keempat Grup A:
 
Selasa (26/3)
 
India vs Afghanistan 20.30 WIB
 
Rabu (27/3)
 
Kuwait vs Qatar 02.00 WIB
 
Grup B
 
Selanjutnya di Grup B Jepang kembali mendapatkan poin sempurna setelah mengalahkan Korea Utara 1-0 di Stadion Nasional Jepang, Tokyo.
 
Kemenangan tersebut membuat Samurai Biru sukses menorehkan tiga kemenangan beruntun pada pertandingan Grup B sekaligus kokoh di puncak klasemen sementara dengan sembilan poin dari tiga laga, sementara Korea Utara menempati posisi ketiga dengan tiga poin.
 
Sementara itu secara mengejutkan Suriah dapat ditahan imbang tuan rumah Myanmar dengan skor 1-1 di Stadion Thuwunna, Yangon.
 
Hasil ini membuat kedua tim tidak beranjak dari posisi mereka sebelumnya di klasemen sementara Grup B di mana Suriah menempati tempat kedua dengan empat poin dari tiga pertandingan, sedangkan Myanmar berada di posisi juru kunci dengan satu poin.
 
Pada matchday keempat Grup B, Suriah akan menjamu Myanmar di Stadion Prince Mohammed Bin Fahd, Dammam, Arab Saudi. Sementara laga Korea Utara vs Jepang mengalami penundaan hingga pemberitahuan selanjutnya.
 
Berikut klasemen sementara Grup B:
 
No Negara Main SG Poin
1 Jepang 3 11 9
2 Suriah 3 -4 4
3 Korea Utara 3 3 3
4 Myanmar 3 -10 1

Jadwal pertandingan matchday keempat Grup B:
 
Korea Utara vs Jepang ditunda
 
Rabu (27/3)
 
Suriah vs Myanmar 02.00 WIB

Grup C
 
Pada matchday ketiga Grup C banyak terjadi kejutan setelah tim-tim yang diunggulkan seperti Korea Selatan dan China gagal mengamankan poin penuh.
 
Korea Selatan secara mengejutkan ditahan imbang oleh Thailand dengan skor 1-1 di Stadion Piala Dunia Seoul, Seoul, sementara itu, Singapura berhasil mengamankan poin pertama dengan menahan imbang China 2-2 di Stadion Nasional, Singapura.
 
Hasil ini membuat tak ada perubahan di klasemen sementara Grup C di mana Korea Selatan menempati posisi pertama dengan tujuh poin dari tiga pertandingan, peringkat kedua dan ketiga ditempati Thailand serta China yang sama-sama mengoleksi empat poin, sedangkan posisi juru kunci dihuni ole Singapura dengan raihan satu poin.
 
Selanjutnya pada matchday keempat Grup C, dijadwalkan Korea Selatan akan bertandang ke markas Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, sementara China menjamu Singapura di Stadion Tianjin Olympic Center, Tianjin.
 
Berikut klasemen sementara Grup C:
 
No Negara Main SG Poin
1 Korea Selatan 3 8 7
2 Thailand 3 1 4
3 China 3 -2 4
4 Singapura 3 -7 1

Jadwal pertandingan matchday keempat Grup C:
 
Selasa (26/3)
 
China vs Singapura 19.00 WIB
 
Thailand vs Korea Selatan 19.30 WIB

Grup D
 
Sementara itu di Grup D terjadi persaingan ketat antara tiga megara yaitu Oman, Kyrgyzstan dan Malaysia setelah melalui matchday ketiga.
 
Ketiga negara tersebut tercatat menorehkan enam poin dari tiga pertandingan dan posisi satu hingga tiga ditempati oleh Oman, Kyrgyzstan dan Malaysia.
 
Sementara itu posisi juru kunci ditempati oleh Chinese Taipei yang tercatat gagal mengamankan poin sama sekali pada tiga pertandingan awal mereka.
 
Pada matchday ketiga tercatat Oman mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 2-0 di Stadion Sultan Qaboos Sports Complex, Muscat, sedangkan Kyrgyzstan menekuk Chinese Taipei dengan skor yang sama, di Stadion Nanzih, Kaohsiung.
 
Selanjutnya pada matchday keempat giliran Malaysia yang menjamu Oman di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur dan Chinese Taipei dijamu Kyrgyzstan di Stadion Spartak, Bishkek.
 
Berikut klasemen sementara Grup D:
 
No Negara Main SG Poin
1 Oman 3 4 6
2 Kyrgyzstan 3 2 6
3 Malaysia 3 0 6
4 Chinese Taipei 3 -6 0
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup D:
 
Selasa (26/3)
 
Kyrgyzstan vs Chinese Taipei 21.00 WIB
 
Malaysia vs Oman 21.00 WIB

Selanjutnya: Grup E
Grup E
 
Pada peta persaingan Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dua tim diperkirakan akan melaju ke ronde selanjutnya jika dilihat dari klasemen sementara setelah melewati matchday ketiga.
 
Pada dua posisi teratas saat ini diisi oleh Iran di posisi pertama, sedangkan Uzbekistan menempati peringkat kedua dan keduanya sama-sama mengoleksi tujuh poin.
 
Sementara itu, posisi ketiga dan keempat dihuni oleh Hong Kong dan Turkmenistan yang sejauh ini hanya mampu mengamankan satu poin dari tiga pertandingan.
 
Pada matchday ketiga Iran tercatat menghancurkan Turkmenistan dengan skor telak 5-0 di Stadion Azadi Sports Complex, Tehran, sedangkan Uzbekistan mampu mencuri kemenangan 2-0 ketika bertandang ke markas Hong Kong di Stadion Mong Kok, Hong Kong.
 
Selanjutnya pada matchday keempat, Iran akan bertandang ke rumah Turkmenistan di Stadion Ashgabat, Ashgabat, sedangkan Uzbekistan menjamu Hong Kong di Stadion Bunyodkor, Tashkent.
 
Berikut klasemen sementara Grup E:
 
No Negara Main SG Poin
1 Iran 3 9 7
2 Uzbekistan 3 4 7
3 Hong Kong 3 -6 1
4 Turkmenistan 3 -7 1
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup E:
 
Selasa (26/3)
 
Uzbekistan vs Hong Kong 21.30 WIB
 
Turkmenistan vs Iran 22.00 WIB
 
Grup F
 
Pada matchday ketiga Irak tetap kokoh pada klasemen sementara Grup F setelah mengalahkan Filipina dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Basra, Basra.
 
Kemenangan ini membuat Irak memiliki sembilan poin dari tiga pertandingan dan menghuni puncak klasemen sementara Grup F, sementara Filipina menempati posisi juru kunci dengan satu poin.
 
Sementara itu Indonesia berhasil mendapatkan tiga poin perdana pada Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan mengalahkan sesama negara Asia Tenggara Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
 
Hasil tersebut membuat Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan empat poin, sementara Vietnam turun ke posisi ketiga dengan tiga poin dari tiga pertandingan.
 
Selanjutnya pada matchday keempat, Irak akan melawat ke markas Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, sedangkan Indonesia akan dijamu Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi.
 
Berikut klasemen sementara Grup F:
 
No Negara Main SG Poin
1 Irak 3 6 9
2 Indonesia 3 -3 4
3 Vietnam 3 0 3
4 Filipina 3 -3 1
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup F:
 
Selasa (26/2)
 
Filipina vs Irak 18.00 WIB
 
Vietnam vs Indonesia 19.00 WIB

Grup G
 
Setelah melalui matchday ketiga, Arab Saudi tetap kokoh di puncak klasemen sementara Grup G dengan mengatasi perlawanan sengit Tajikistan 1-0 di Stadion Al-Awall, Riyadh.
 
Skuad asuhan Roberto Mancini tersebut tercatat menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup dengan sembilan poin dari tiga pertandingan.
 
Sementara itu Tajikistan masin tertahan di peringkat kedua dengan empat poin, diikuti Yordania yang mengumpulkan empat poin di posisi ketiga dan Pakistan yang menempati tempat terakhir tanpa raihan poin.
 
Yordania dapat mengamankan poin penuh pertama mereka di Grup G setelah mengalahkan Pakistan 3-0 di Stadion Jinnah Sports, Islamabad.
 
Selanjutnya pada matchday keempat Tajikistan akan menjamu Arab Saudi di Stadion Central, Dushanbe, sedangkan Pakistan bertandang ke markas Yordania di Stadion Internasional Amman, Amman.
 
Berikut klasemen sementara Grup G:
 
No Negara Main SG Poin
1 Arab Saudi 3 7 9
2 Tajikistan 3 4 4
3 Yordania 3 1 4
4 Pakistan 3 -12 0

Jadwal pertandingan matchday keempat Grup G:
 
Selasa (26/3)
 
Tajikistan vs Arab Saudi 22.00 WIB
 
Rabu (27/3)
 
Yordania vs Pakistan 02.00 WIB.

Selanjutnya: Grup H
Grup H
 
Pada peta persaingan Grup H, Uni Emirat Arab menjadi yang terdepan setelah mengumpulkan sembilan poin dari tiga pertandingan seusai mengalahkan Yaman 2-1 di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi.
 
Sementara itu, Bahrain berada di tempat kedua dengan enam poin dari tiga pertandingan setelah mampu mengalahkan Nepal di Stadion Internasional Bahrain, Riffa, dengan skor telak 5-0.
 
Yaman yang berada di tempat ketiga klasemen sementara Grup G tercatat telah mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan, sedangkan Nepal menempati posisi juru kunci tanpa raihan poin.
 
Selanjutnya pada matchday keempat Grup H, Yaman akan menjamu Uni Emirat Arab di Stadion Prince Saud bin Jalawi, Dammam, Arab Saudi, sedangkan Bahrain kembali jumpa Nepal di Stadion Internasional Bahrain, Riffa.
 
Berikut klasemen sementara Grup H:
 
No Negara Main SG Poin
1 Uni Emirat Arab 3 7 9
2 Bahrain 3 5 6
3 Yaman 3 -1 3
4 Nepal 3 -11 0
 
Berikut jadwal pertandingan matchday keempat Grup H:
 
Rabu (27/3)
 
Bahrain vs Nepal 02.00 WIB
 
Yaman vs Uni Emirat Arab 02.00 WIB

Selanjutnya: Grup I
Grup I
 
Salah satu tim besar di Asia yaitu Australia tecatat tetap kokoh pada klasemen sementara Grup I setelah mengalahkan Lebanon 2-0 di Stadion CommBank, Sydney.
 
Kini Australia menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup I dengan torehan sembilan poin dari tiga pertandingan, sedangkan Lebanon menempati posisi ketiga dengan dua poin.
 
Selain itu, terdapat juga laga Palestina yang sukses mengalahkan Bangladesh 5-0 di Stadion Jaber Al-Ahmad International, Al-Ardiya, Kuwait.
 
Palestina berada di posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan, sedangkan Bangladesh menerima peringkat terakhir dengan satu poin.
 
Pada matchday keempat Grup H, Lebanon akan kembali bertemu Australia di Stadion GIO, Canberra, sedangkan Palestina berjumpa Bangladesh di Stadion Bashundara Kings Arena, Dhaka.
 
Berikut klasemen sementara Grup I:
 
No Negara Main SG Poin
1 Australia 3 10 9
2 Palestina 3 4 4
3 Lebanon 3 -2 2
4 Bangladesh 3 -12 1
 
Jadwal pertandingan matchday keempat Grup I:
 
Selasa (26/3)
 
Lebanon vs Australia 15.45 WIB
 
Bangladesh vs Palestina 16.30 WIB.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Arab Saudi dan Jepang amankan kemenangan tipis, Korsel tertahan