Anies mengaku senang berbagai kampus peduli terhadap kondisi bangsa

id Pemilu 2024, Pilpres 2024, Anies Baswedan, anies kampus

Anies mengaku senang berbagai kampus peduli terhadap kondisi bangsa

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Bagus A Rizaldi

Saya sampaikan di debat pertama, apakah kita akan menjadi negara hukum, atau kita akan menjadi negara kekuasaan, di situ penentuan, katanya
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden Anies Baswedan mengaku senang atas adanya berbagai kampus yang turut menyuarakan kepeduliannya terhadap kondisi bangsa saat ini.
 
Menurut dia kampus-kampus tersebut telah menangkap dinamika yang terjadi di tengah masyarakat, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Ia pun menilai kampus tidak tinggal diam setelah melihat fenomena yang saat ini terjadi.
 
"Kampus-kampus itu berbicara setelah menangkap apa yang terjadi di masyarakat dan kami sudah menyampaikan pesan ini sejak lama," kata dia, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, pesan-pesan yang telah disampaikan di antaranya soal netralitas dalam pemilu hingga keadilan yang harus ditegakkan.  Jangan sampai wasit justru ikut bermain dalam ajang politik lima tahunan tersebut.

"Kami senang kampus menyuarakan, dan itu menunjukkan bahwa kampus peduli," kata bekas rektor Universitas Paramadina ini.

Menurut dia, pada 14 Februari 2023 masyarakat akan menentukan arah bangsa. Ia pun yakin Indonesia akan tetap menjadi negara hukum dibandingkan menjadi negara kekuasaan.


"Saya sampaikan di debat pertama, apakah kita akan menjadi negara hukum, atau kita akan menjadi negara kekuasaan, di situ penentuan," katanya.

Adapun saat ini sejumlah kampus, di antaranya Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, hingga Universitas Padjadjaran, dikabarkan bakal menggelar aksi terkait seruan untuk menyelamatkan demokrasi dan bangsa.