Selama 2023, Damkar Lampung Selatan evakuasi 58 ular dari rumah warga

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Evakuasi ular

Selama 2023, Damkar Lampung Selatan evakuasi 58 ular dari rumah warga

Suasana saat para petugas Dinas Damkarmat Lampung Selatan mengevakuasi ular. (ANTARA/HO-Dinas Damkarmat Lampung Selatan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mencatat telah mengevakuasi 58 ular dari rumah warga di daerah itu selama 2023.

"Untuk evakuasi ular kami selama dari Januari hingga Desember 2023 telah berhasil menangkap 58 ular dari rumah warga," kata Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah saat dihubungi dari Pesisir Barat, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan laporan dari masyarakat ular tersebut masuk rumah seperti di dapur maupun plafon rumah serta kandang ternak milik warga.

Ia juga menyampaikan bahwa jenis ular yang banyak dievakuasi berupa sanca atau piton dan king kobra.

"Jadi yang sering itu ular sanca atau piton sering kedapatan menyerang ternak warga di dalam kandang seperti ayam," kata dia.

Dia mengatakan ular masuk rumah warga biasanya terjadi karena faktor cuaca berupa lembab saat musim hujan, seperti di dapur maupun kandang ternak milik warga.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat jika menemukan ular di dalam rumah agar tidak mengevakuasi secara sendiri karena berbahaya bagi keselamatan.

Rully mengatakan jika terdapat kejadian yang sifatnya perlu penyelamatan, warga bisa langsung menghubungi Dinas Damkar dan Penyelamatan.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan bantuan dari Damkar jika membutuhkan pertolongan, katanya, mereka dapat menghubungi Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan di nomor 082279513682.

"Jika terjadi kebakaran atau hal yang membahayakan dan membutuhkan pertolongan masyarakat Lampung Selatan segera hubungi 'call center' atau nomor telepon tersebut," ujar dia.