KAI Divre IV Tanjungkarang gelar apel pasukan Natal dan Tahun Baru 2024

id lampung, kai, natal dan tahun baru, natal 2023, tahun baru 2023, kereta api, tanjungkarang

KAI Divre IV Tanjungkarang gelar apel pasukan Natal dan Tahun Baru 2024

Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang Januri saat memeriksa kesiapan pasukan apel pada Kamis (21/12) di Halaman Stasiun Tanjungkarang. (ANTARA/HO-KAI)

Bandarlampung (ANTARA) - Menyambut angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang melaksanakan apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Executive Vice President Divisi Regional IV Tanjungkarang Januri di Halaman Parkir Stasiun Tanjungkarang pada Kamis (21/12).

Apel Gelar Pasukan ini menandai hari pertama dilaksanakannya masa posko angkutan natal dan tahun baru 2024 dalam rangka melayani masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api. Pada masa angkutan natal dan tahun baru ini, Divre IV Tanjungkarang menetapkan periode angkutan natal dan tahun baru 2024 selama 18 hari dari 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

“Divre IV Tanjungkarang telah melakukan persiapan di berbagai aspek, salah satunya dari segi pelayanan. Divre IV telah mengoperasikan 6 KA Reguler dan memperpanjang rangkaian KA dengan menambah satu kereta pada rangkaian KA Kuala Stabas dan KA Rajabasa. Dengan penambahan rangkaian tersebut ada penambahan 4.940 tempat duduk, dari yang semula 42.120 tempat duduk menjadi 47.060 tempat duduk pada masa Nataru 2023/2024. Kereta tambahan hadir sebagai jawaban atas animo masyarakat yang tinggi untuk bepergian dengan kereta api,” ungkap Executive Vice President Divisi Regional IV Tanjungkarang Januri.

Januri menambahkan adapun kesiapan lainnya pada masa natal dan tahun baru 2024 Divre IV Tanjungkarang juga menyiapkan 4 lokomotif dan 31 kereta. Selain itu Divre IV Tanjungkarang juga melakukan peningkatan keandalan lokomotif, kereta, gerbong dan crane. Ia juga menambahkan jajarannya juga terus meningkatkan keandalan jalan rel dan jembatan, menempatkan alat material untuk siaga (AMUS) di berbagai titik rawan.

“Pada masa angkutan natal dan tahun baru 2023/2024 kami juga akan terus menjaga kebersihan dan pelayanan di Stasiun dan di atas KA. Selain itu pengecekan kondisi kesehatan Crew KA juga rutin dilakukan untuk menjamin operasional perjalanan kereta api tetap aman, lancar dan terkendali. Divre IV Tanjungkarang juga menyiagakan 284 personel pengamanan yang ditempatkan di atas KA, Stasiun dan sepanjang jalur selama Nataru 2023/2024,” tambah Januri.

Januri juga mengingatkan agar seluruh pelanggan tetap berhati-hati saat berada di Stasiun serta diimbau untuk membawa barang bawaan secukupnya.

“Pelanggan kereta api diimbau agar tetap berhati-hati saat berada di Stasiun mengingat volume penumpang saat masa libur natal dan tahun baru 2023/2024 cendrung semakin padat. Jika terjadi kehilangan ataupun tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, pelanggan KA dapat melapor kepada petugas yaitu Kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121,” jelas Januri.

Ia menegaskan, Divre IV Tanjungkarang terus berkomitmen menciptakan transportasi yang aman untuk menghadirkan liburan yang nyaman dan berkesan dengan kereta api. Menurutnya kini pemesanan tiket kereta api juga semakin mudah, masyarakat dapat membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.

“Untuk pembatalan/rescedule juga dapat dilakukan melalui aplilkasi Access by KAI tanpa harus datang ke Stasiun. Pada masa angkutan natal dan tahun baru 2024, Divre IV Tanjungkarang juga menghadirkan program khusus dengan membagikan hadiah kepada pelanggan KA yang beruntung berupa tumbler. Hal tersebut untuk mengajak pelanggan agar dapat memanfaatkan water station yang tersedia di Stasiun Tanjungkarang dan Stasiun Baturaja sebagai upaya mengurangi sampah plastik dari botol minum kemasan,“ terang Januri.

Ia juga menjelaskan, pada masa natal dan tahun baru 2024 seluruh karyawan tidak diperbolehkan cuti dan seluruh jajaran Divre IV Tanjungkarang akan turun langsung memastikan seluruh aspek pelayanan kereta api berjalan dengan lancar. Hal tersebut sebagai komitmen seluruh jajaran memberikan pelayanan terbaik pada masa natal dan tahun baru 2024.

“Keselamatan menjadi fokus utama kami selama masa natal dan tahun baru 2024, beragam kemudahan dan inovasi KAI juga merupakan bentuk pelayanan prima yang kami berikan kepada pelanggan kereta api di Divre IV Tanjungkarang. Semoga dengan persiapan yang matang dari seluruh aspek, angkutan natal dan tahun baru 2024 dengan kereta api di Divre IV Tanjungkarang berjalan dengan aman, lancar dan terkendali,” tutup Januri. (kerjasama)