Hujan ringan diprediksi guyur kota-kota besar pada Selasa, termasuk di Bandarlampung

id Cuaca,Hujan ringan,Cerah,Cerah berawan,BMKG

Hujan ringan diprediksi guyur kota-kota besar pada Selasa, termasuk di Bandarlampung

Ilustrasi - Warga menggunakan payung saat hujan di kawasan Semanggi Jakarta. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/aa).

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan akan mengguyur kota-kota besar di Indonesia pada Selasa.

Mengutip dari situs resmi BMKG di Jakarta, Ibu Kota Provinsi yang diprakirakan hujan ringan pada siang hari ini yakni Yogyakarta, Jambi, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, Pekanbaru, Makassar, dan Kendari.

Sedangkan wilayah Banda Aceh dan Mamuju diprediksi hujan sedang dengan kelembapan rata-rata 70-95.

BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk waspada hujan petir yang berpotensi terjadi di wilayah Banjarmasin dan Kupang pada siang hari ini.

Sementara, beberapa wilayah diprakirakan cerah berawan, diantaranya Banda Aceh, Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Semarang, Mataram, Kota Jayapura, Manado, Padang, dan Medan.

Kemudian, wilayah Bengkulu, Jakarta Pusat, Surabaya, dan Tarakan diprediksi cerah pada siang hari ini.

Sementara, beberapa wilayah seperti Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Tarakan, Kupang, Kota Jayapura, Pekanbaru, dan Palembang diprakirakan cerah berawan pada siang ini.

Wilayah Bandung, Kota Jayapura, Manokwari, dan Padang akan diselimuti cuaca berawan pada siang hari ini, sedangkan Kota Ternate diprediksi berawan tebal.

Sebelumnya, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di pesisir untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi hingga empat meter pada 11-12 Desember 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 4-20 knot. 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hujan ringan diprediksi guyur kota-kota besar pada Selasa