Kejati Lampung siap bantu Polda Lampung jika butuh bantuan untuk tangkap jaringan joki CASN

id Joki casn, rds joki kejaksaan, rds, kejaksaan

Kejati Lampung siap bantu Polda Lampung jika butuh bantuan untuk tangkap jaringan joki CASN

Kantor Kejati Lampung. (Antaralampung/Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung siap membantu Polda Lampung jika merasa kesulitan untuk menangkap jaringan joki CASN berinisial RDS yang tertangkap beberapa waktu lalu.

"Pihak kepolisian butuh data dan butuh keterangan kita siap bantu," kata Kasi Penkum Kejati Lampung, Ricki Ramadhan di Bandarlampung, Selasa.

Ia melanjutkan dalam hal penangkapan, pihaknya sangat mempercayai dengan kinerja kepolisian dalam mengungkapkan hal tersebut.

"Meskipun ada kesulitan menangkap jaringan joki CASN, tapi kami percaya dengan kinerja kepolisian dalam mengungkap hal itu. Tentunya ada tekniknya sendiri, kita lihat saja perkembangannya," kata dia.

Dalam hal penanganan joki CASN yang melibatkan mahasiswa ITB tersebut, Kejati Lampung sendiri terus mendorong kepolisian agar dapat memprosesnya.

"Kami dorong kepolisian agar dapat memproses itu," katanya.

Sebelumnya, Polda Lampung mengaku kesulitan memburu komplotan joki RDS, yang tertangkap tangan menjadi joki saat tes penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kejaksaan beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah. Ia juga mengatakan bahwa joki wanita yang tertangkap tangan tersebut kasusnya sudah dinaikkan menjadi tahap penyidikan.

Dalam perkara tersebut, Polda Lampung melalui Tim Ditreskrimum terus memburu tim joki lainnya untuk dimintai keterangan perihal tertangkapnya RDS. Namun pihaknya kesulitan karena yang bersangkutan sering pindah-pindah.

"Saat ini kami sedang bekerja. Kami juga kesulitan buru mereka, kesulitannya mereka pindah-pindah. Untuk hasilnya akan kami infokan," katanya beberapa hari lalu.

Disamping itu, praktisi hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nasional, Sopian Sitepu mengatakan, bahwa sebenarnya Polda Lampung tidak ada kesulitan dalam memburu tim joki yang merupakan rekan dari RDS.

"Masalah pindah-pindah dan seterusnya itu, kita tahu bahwa Polda Lampung itu sangat canggih alatnya. Namun kembali lagi menurut saya pasal yang harus diterapkan ini harus benar-benar tepat dan baik," katanya.