Warga Kabupaten Bandung antusias uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung

id Kereta Cepat Jakarta-Bandung,Kereta Cepat Indonesia China,KCIC,Stasiun Tegalluar

Warga Kabupaten Bandung antusias uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung

Situasi di dalam kereta cepat Jakarta-Bandung saat uji coba dengan penumpang, Sabtu (16/9/2023). (ANTARA/Raisan Al Farisi/Ricky Prayoga)

Kabupaten Bandung (ANTARA) - Warga sekitar Stasiun Tegalluar, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, antusias mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang digelar PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pada Sabtu ini.

Uji coba dengan penumpang yang direncanakan dilangsungkan sampai akhir September 2023 itu memprioritaskan warga terdampak jalur kereta cepat ini, pada hari pertama diinformasikan diikuti oleh sekitar 1.700 orang warga, awak media, sampai influencer.

Warga menaiki kereta cepat dengan titik pemberangkatan Stasiun Tegalluar menuju ke Stasiun Halim di Jakarta atau sebaliknya dengan memakan waktu sekitar 45 menit.

Salah satunya Andri, warga Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung yang mengaku mengikuti uji coba transportasi baru ini lewat undangan dari PT KCIC melalui pengurus RW setempat dan hanya menunjukkan kartu identitas seperti KTP sebagai bukti untuk ditukar dengan stiker dari petugas.

"Ada beberapa orang yang ikut hari ini mencoba kereta cepat. Dengan ikut uji coba hari ini perasaannya gembira, karena kan penasaran juga bagaimana rasanya. Sebelumnya pernah ke sini lihat-lihat, tapi kalau naik kereta baru sekali ini," ujar Andri di Tegalluar, Sabtu.


Senada, warga Cibiru Hilir lainnya, Ismail, mengatakan dirinya seperti mendapat pengalaman baru dengan mengikuti uji coba kereta cepat dari Tegalluar ke Halim dengan waktu yang terbilang singkat sekitar 45 menit.

"Tidak terasa waktu perjalanannya. Saya sudah merasakan begitu nyaman naik kereta ini, warga lain harus coba juga," ujar Ismail.

Sementara itu, Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan meskipun uji coba ini diutamakan untuk warga sekitar jalur, masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba operasional KA Cepat, KCIC membuka pendaftaran secara mandiri melalui media informasi resmi, salah satunya akun @keretacepat_id.

"Masyarakat yang antusias ingin mengikuti perjalanan kereta cepat dapat mendaftar secara mandiri," ucapnya.

Uji coba KCJB dengan penumpang ini dilakukan hingga 30 September 2023, dengan setiap harinya ada empat jadwal perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP) dengan jadwal:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.